Jenis bahan kaos , jacket , dan seragam yang paling banyak digunakan – Memiliki pakaian dengan bahan yang berkualitas adalah keinginan setiap orang , selain itu penggunaan material bahan pakaian yang berkualitas juga dapat mempengaruhi penampilan kita untuk lebih percaya diri saat dipandang oleh orang lain . Tak hanya itu penggunaan bahan pakaian yang berkualitas juga dapat memberikan rasa nyaman pada saat kita mengenakanya untuk kebutuhan aktifitas sehari-hari .

Banyak sekali jenis bahan material dari pakaian ini , yang mungkin saja selama ini kita tidak banyak mengetahuinya , bagi sebgaian orang yang hanya menggunakan baju untuk keperluan pakaian sehari-hari mungkin tidak begitu penting untuk mengetahui informasi sepuataran maetrial bahan pakaian ini , namun ini justru akan sangat berguna sekali bagi mereka yang setiap hari berkecimpung dalam bisnis fashion seperti , grosir pakaian , jual beli online baju , toko baju dan koveksi jasa pembuatan baju .

Tahukah Anda setiap material bahan dari pakaian yang kerap kali kita gunakan sehari-hari , ternyata memiliki bahan dan karakter yang berbeda-beda , seperti contoh kaos saja ada banyak sekali jenis nama dan karakternya , belum lagi bahan dari kemeja , gamis , hijab , celana , dan lain sebagainya . Pada kesempatan kali ini kami juga akan bagikan informasi yang super lengkap mengenai bahan-bahan dari pakaian ini berikut dengan karakter dan penggunaanya , untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel ini hingga tuntas .

 

Nama-nama bahan dan karakteristik bahan dari sebuah jacket

1 . Bahan jacket Adidas

Yang kita tahu mungkin merk Adidas saja , namun tahukah Anda ? ternayata ada juga jenis bahan jacket dengan nama asli Adidas , seperti yang kita tahu produk-produk dari Adidas sendiri banyak digunakan untuk kebutuhan sport atau olahraga seperti , Kaos Adidas , Jacket Adidas , Celana Adidas , topi Adidas , dan sepatu Adidas . Sama halnya dengan bahan jacket yang satu ini , yang memiliki kesamaan dalam fungsinya yakni lebih diperuntukan untuk kebutuhan dunia olahraga . Untuk karakter dari bahan Adidas sendiri yakni memiliki tekstur yang halus , nyaman dipakai , adem , ringan dan menyerap keringat dengan baik .

2 . Bahan Jacket BabyTerry

Pada dasarnya BabyTerry dulu hanya digunakan untuk bahan-bahan pengering badan seperti handul dan lain-lain , namun saat ini banyak juga kita temukan jacket-jacket dipasaran yang menggunakan bahan BabyTerry ini . Tak kalah berkualitas jika dibanding bahan jacket lainya , jenis bahan yang terbuat dari serat kapas ini cukup nyaman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari maupun disaat musim dingin telah tiba , memiliki tekstur yang cukup lembut dan menghangatkan ketika dipakai .

3 . Bahan Jacket Cordura

Bahan jacket yang terbuat dari serat sintetis 100% dan sedikit campuran bahan lainya , membuat Cordura sangat kuat sekali dan tahan dari sobekan . Jenis bahan ini akan banyak kita temukan pada pakaian-pakaian dinas TNI , Tentara Militer dan seragam pertahanan lainya . Jenis bahan Cordura ini sangat awet sekali hingga jangka waktu pemakaian yang cukup lama sekalipun , karena teksturnya keras , kuat dan memiliki warna yang tidak mudah luntur .

4 . Bahan jacket Corduroy

Jneis bahan jacket yang terbuat dari bahan dasar Cotton ini memiliki tekstur yang cukup lembut dengan sentuhan garis-garis timbul membuatnya berbeda dengan bahan jacket pada umumnya . Jenis bahan Corduroy ini memiliki serat-serat kain yang di puntir yang kemudian di proses dalam penenunan yang membuat bahan ini menjadi seperti beludru  . Penggunaan dari bahan jacket ini lebih ke model jacket yang mempunyai desain casual  elegant .

5 . Bahan jacket Denim

Bahan Denik sendiri banyak kita temukan pada celana jeans , rompi jeans , topi jeans dan rok jeasn , namun saat ini banyak juga kita dapatkan jacket yang menggunakan bahan dasar Denim ini . Berbagai pola dan model jacket Denim ini dijual dipasaran dengan range harga berkisar antara 45 ribu hingga 250 ribu . Tekstur dari bahan Denim ini yakni sedikit keras namun tetap nyaman saat dikenakan , biasanya terdapat dua jenis Denim yakni Denim yang memiliki elastis yang tinggi dan Denim Hard ( keras ) .

6 .  Bahan Jacket Despo

Jenis bahan jacket yang satu ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan parasut , yakni memiliki fungsi yang sama yaitu tahan terhadap air , dan sangat ringan bila dipakai . Tak hanya itu Despo juga memiliki manfaat sebagai penahan angin yang masuk ke tubuh kita saat menggunakanya saat berkendara sepeda motor , yang tentunya ini dapat meminimalisir kesehatan kita dari penyakit masuk angin . Bahan Despo juga sangat nyaman digunakan di siang hari maupun malam hari dan sama sekali tidak menimbulkan rasa panas , bahan jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan jacket dan Blazer pria dan wanita .

7 .  Bahan jacket Diadora

Sama halnya dengan bahan jacket Adidas , bahan Diadora juga banyak kita temukan dalam penggunaan pakaian untuk keperluan olahraga yang mana mencakup semua aktifitas olahraga seperti , sepak bola , basket , voli , badminton dan lain sebagainya , jenis bahan ini sedikit mengkilap dan bisa memantulkan sinar matahari di siang hari , juga memiliki daya serap yang cukup baik dikelasnya . Bahan Diadora juga memiliki tekstur yang sedikit lembut dengan ketebalan yang hampir sama dengan bahan Adidas .

8 .  Bahan jacket Dolby

Jenis bahan jacket yang satu ini lebih banyak digunakan untuk pembuatan tas ransel dan tas -tas olahraga seperti fitnest , voli , bulutangkis dan sepak bola . Namun saat ini banyak juga yang berkreasi dalam memanfaatkan bahan Dolby ini , seperti contohnya dipasaran saat ini banyak penjual jacket sport dan jacket motor yang menggunakan bahan dasar dari Dolby ini . Tekstur dari bahan Dolby sendiri yakni lembut , halus , adem , tidak berbulu dan memiliki ketebalan yang baik .

9 . Bahan jacket Drill

Bahan Drill ini terbuat dari campuran antara katun dan polyester yang dipadukan dan dipintal secara diagonal yang menjadikanya sangat kuat dari robekan . Bahan Drill juga dibagi menjadi 3 jenis type yakni twill drill (serat kecil, american drill (serat sedang), dan japan drill (serat besar) , jenis bahan satu ini juga banyak kita temukan untuk pembuatan korset , jacket , pakaian kerja dan seragam dinas . Untuk teksturnya yakni memiliki kekuatan yang baik , tidak mudah robek , lembut , tahan akan kusut juga warnanya tidak mudah luntur .

10 . Bahan jacket Fleece

Untuk jenis bahan yang satu ini kita mungkin sudah tidak asing lagi , karena banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan jacket dan sweater yang saat ini beredar dipasaran dan distro-distro di Indonesia , teksturnya yang lembut , halus , adem dan menyerap keringat membuat bahan Fleece ini sangat layak jika digunakan sebagai bahan dasar dari pakaian-pakaian dengan kualitas yang baik seperti Distro . Terdapat juga macam dan jenis dari bahan Fleece ini yakni diantaranya , Fleece Cooton , Fleece Plyester , Fleece Lycra dan lain sebagainya .

11 .  Bahan jacket kanvas

Bahan kanvas juga banyak kita temukan untuk pembuatan dari jacket-jacket dan baju-baju tebal yang dijual di musim dingin , teksturnya yang kuat dan sedikit keras membuat bahan kanvas ini sangat cocok bila digunakan untuk aktifitas tinggi , sepert berkendara motor , mendaki gunung , dan aktifitas lainya . Ada beberapa jenis bahan kanvas yang mesti kita tahu yakni diantaranya , kanvas Ring , kanvas Marsoto , kanvas Sueding dan baby kanvas , kesemuanya itu memiliki tekstur dan ketebalan yang hampir sama .

12 .  Bahan jacket katun

Jenis bahan yang satu ini yakni sudah sangat lumrah sekali ditelinga kita , pasalnya penggunaan bahan katun sedniri memiliki banyak sekali manfaat , mulai dari jacket , kaos , kemeja , kebaya , gaun , gamis dan lain sebagainya .  Bahan katun adalah bahan yang terbuat dari serat kapas dengan rajutan ( kinitting ) yang memiliki tekstur yang adem , lembut , halus , ringan , dan menyerap keringan dengan baik .

13 . Bahan jacket Kulit Asli

Untuk soal kualitas dari bahan satu ini , tak perlu dipertanyakan lagi , bahan jacket yang menggunakan material Kulit Asli ini cenderung dijual dan dipasarkan untuk para kalangan menengah ketas saja dengan rata-rata harga sekitar 250 ribu hingga jutaan rupiah per pcs nya . Dan para pemakai nya pun kebanyakan adalah mereka yang hanya menyukai kualitas tinggi dari sebuah pakaian  ( kalangan elite ) . Bahan dasar dari Kulit Asli ini terbuat dari berbagai kulit hewan asli yakni , kulit sapi , kulit kambing , kulit domba , kulit rusa dan lain sebagainya .

14 . Bahan jacket kulit Sintetis

Berbeda dengan bahan jacket kulit asli , untuk bahan kulit Sintetis ini lebih diperuntukan kepada para kalangan menengah kebawah yang ingin menggunakan jacket kulit dengan tampilan dan kenyaman yang 70% hampir sama dengan menggunaan jacket kulit asli . Tekstur dari bahan kulit Sintetis sendiri yakni memiliki warna yang sedikit glossy , berserat seperti retak-retak , dan lebih ringan saat dikenakan jika dibanding dengan kulit asli .

15 . Bahan jacket Lotto

Untuk bahan yang satu ini dari segi tekstur dan penggunaanya hampir sama dengan bahan jacket Adidas dsn Diadora yang lebih diperuntukan untuk kebutuhan olahraga , bahan Lotto sendiri memiliki tekstur yang cukup baik dikelasnya , lebut , nyaman , mengkilat , lembut dan sedikit agak lemas .

16 . Bahan jacket Mayer

Bahan jacket Mayer yakni sama halnya dengan bahan-bahan jacket lainya yang memiliki fungsi seperti tahan air , tahan angin dan sedikit menggelembung . Jensi bahan ini banyak digunakan oleh para pendaki gunung , jacket motor , jacket boomber dan lain sebagainya . Biasanya dibuat dengan ukuran yang tidak fit ( lebih jumbo dari jacket biasanya ) .

17 . Bahan jacket Micro

Bahan dengan campuran dari dua jenis bahan yaitu Polyster 80% dan bahan Polymer 20% menjadikan bahan Micro ini bekerja baik dalam menyerap air sehingga jacket yang kita kenakan akan lebih cepat kering jika terkena air . Jacket dengan material ini juga banyak digunakan sebagai , jacket olahraga , jacket pegunungan , jacket club motor , dan lain sebagainya .

18 . Bahan jacket Nilon

Bahan yang satu ini juga cukup unik , pasalnya Nilon ini memiliki tekstur yang ringan , lembut , sedikit mengkilat , tidak mudah luntur , tahan air , tahan angin dan yang paling istimewa yakni bahan Nilon ini bentuknya tidak mudah berubah dan tidak mudah kusut untuk pemakaian berat sekalipun . jacket dengan material ini banyak digunakan untuk pembuatan Blazer laki-laki dan jacket untuk keperluan pesta ,

19 . Bahan Jacket Oscar

Bahan yang satu ini juga cukup unik jika kita melihatnya secara sepintas akan mirip dengan tekstur dan tampilan bahan jacket kulit asli , pada bahan Oscar ini lebih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan dari lapisan sofa , lapisan jok motor , lapisan kursi mobil , dan lain sebagainya . Bahan Oscar sendiri kerap kali disamakan dengan kulit asli namun memiliki kualitas yang tidak sama dengan kulit , Oscar ini lebuh cenderung lebih mudah robek jika dibandingkan dengan kulit asli .

20 . Bahan jacket parasut atau Parasit

Nah untuk bahan satu ini tentu sudah tidak asing lagi , karena banyak kita gunakan sehari-hari dalam aktifitas kita , jenis jacket dengan bahan Parasit ini juga banyak kita temukan di toko-toko baju dengan range harga sekitar 50 ribu hingga 150 ribuan saja per pcs nya . Jacket dengan bahan Parasit ini sangat cocok bila dipakai saat musim hujan tiba , karena sifatnya yang mampu menahan air juga angin akan membuat tubuh kita terlindungi dari dinginya cuaca .

21 . Bahan Jacket Polar

Bahan Polar ini memiliki kualitas yang sangat baik jika digunakan untuk pembuatan jacket dikala musim dingin tiba , pasalnya Polar sediri adalah campuran dari banyak bahan berkualitas seperti , Cotton , Polyster , viscose dan bahan sisntetis lainya . Tekstur dari Polar juga sangat lembut , nyaman , hangat , dan dapat memberi kehangatan yang baik saat cuaca sedang dingin .

22 . Bahan jacket Polyster

Kain Polyster sendiri adalah jenis bahan yang tidak tumbuh secara alami di alam , berbeda dengan cotton , woll , kulit asli dan yang lainya yang dapat kita manfaatkan sumbernya dari kekayaan alam . Tekstur dari bahan Polyster sediri cukup baik dikelasnya , yakni tidak mudah kusut , tahan lama , tidak mudah luntur , cepat kering , tahan air ,sedikti elastis dan yang paling keren yakni bisa tahan terhadap serangan jamur dan bakteri .

23 . Bahan jacket Ripstop

Jenis bahan jacket yang satu ini adalah bahan yang terbuat dari sebuah kain tenun yang berbahan dasar benag Nilon yang mana mampu menahan gesekan dan tarikan sehingga membuat Ripstop tahan akan robekan . Tekstur dari bahan ini sedkit kasar namun tetap nyaman saat dikenakan , tidak mudah melar dan tahan robek .

24 .  Bahan Jacket Satin

Sedikit berbeda dengan bahan-bahan lainya , satin ini lebih mengkilap dan terlihat licin saat dikenakan , namun demikian tetap memiliki kenyamanan yang baik saat kita mengenakanya , bahan Satin ini banyak digunakan untuk pembuatan jacket dan pakaiian lainya dengan tujuan pentas , manggung dan segala aktifitas yang berbau dengan acara hiburan lainya .

25 . Bahan Jacket Scott Puma

Telah kita tahu brand Puma sendiri dipasaran lokal dan Internasional sudah sangat populer , sehingga jacket-jacket dengan material dasar dengan bahan Scott Puma ini tentu memiliki kualitas yang sangat baik , awet , tidak mudah robet , nyaman , hangat , dan keren saat dikenakan . Jneis bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan model jacket Boomber yang saat ini kita banyak temukan dipasaran .

26 . Bahan jacket Sifon

Sedikit memang jacket yang menggunakan bahan Sifon ini , namun terkadang bahan satu ini diperlukan untuk suatau acara tertentu seperti misalnya , acara kawinan , pesta ulang tahun , pesta reunian yang menharusnkan kita menggunakan jacket dengan desain dan model yang sedikit ngentrik , tentunya yang paling tepat dalam emnggunakan jacket dengan bahan Sifon ini adalah mereka para kaum hawa .

27 .  Bahan jacket Taslan

Untuk bahan Taslan ini lebih diperuntukan pada pemakaian dikala musim hujan tiba , sifatnya yang bisa menahan air dan tahan terhadap hembusan angin , membuat sipemakai jacket dengan material ini akan merasa terlindungi dari buruknya cuaca . Karakteristik dari bahan Taslan sendiri yakni , tahan air , tahan angin , adem , ringan , jatuh , dan sedikit lebih tebal jika dibanding dengan parasit dan bahan sejenisnya .

28 .  Bahan jacket Tessa

Untuk bahan Tessa ini banyak digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan jas almamater kuliahan , yang memiliki tekstur sedikit halus , lembut juga ringan saat dipakai . Selain tiu bahan Tessa juga banyak digunakan untuk pembuatan Blazer pria dan wanita yang dijual dipasaran dengan harga yang cukup bervariasi mulai dari 120 ribu hingga 250 ribu per pcs nya .

29 . Bahan jacket Twill

Jnis bahan jacket yang satu sebanrnya lebih banyak digunakan untuk pembuatan celana Chino yang banyak kita temukan dipasaran , namun terkadang banyak juga yang membuat jacket menggunakan bahan Twill ini ,  tekstur dari Twill sendiri yakni halus , ringan , jatuh dan sedikit elastis sehingga sangat nyaman saat dipakai .

30 . Bahan jacket wol

Tidak kalah baiknya ddengan bahan jacket kulit asli , kain wol juga terbuat dari bulu binatang asli seperti domba yang di proses sedemikian rupa hingga menghasilkan suata bahan yang berkualitas tinggi dan cocok sekali bila dimanfaatkan untuk pembuatan jacket dikala musim yang super dingin . teksturnya yang nyaman , lebut juga menghangatkan membuat jacket dengan bahan wol ini mampu menahan digninnya cuaca dengan suhu yang tinggi sekalipun .

Demikianlah penjelasan rinci seputar nama dan bahan jacket yang paling sering digunakan saat ini di taghun 2018 , kami juga akan paparkan lagi mengenai nama dan bahan kaos polos , kaos distro beserta dengan karakteristiknya , lebih jelasnya baca sampai tuntas artikel dibawah ini :

Mengenal lebih dekat nama-nama bahan kaos polos , kaod distro dan karakteristiknya

Kaos polos merupakan salah satu jenis pakaian yang banyak digunakan sejak lama. Sesuai dengan namanya, kaos ini hadir dengan desain polos atau tanpa gambar dan motif apapun. Kaos tersebut juga hanya terdiri dari satu warna saja yang merupakan warna dari bahan pembuatan kaos itu sendiri, Jika berbicara mengenai kegunaannya, jenis kaos ini sebenarnya memiliki banyak kegunaan yang tidak kalah dengan jenis pakaian lainnya.

Tidak dipungkiri bahwa di sekitar Anda ada banyak sekali jenis pakaian yang dapat dikenakan untuk kepeluan sehari – hari baik untuk bekerja, bersantai, pesta, atau menghadiri acara formal. Jadi, setiap jenis pakaian memang hadir dengan fungsi masing – masing, salah satunya adalah jenis kaos polos. Jika dibandingkan dengan model pakaian lainnya, kaos ini sepertinya lebih banyak mendominasi lemari pakaian di rumah Anda.

Kaos ini cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan dan berbagai tingkatan usia. Berapa pun usia Anda, faktanya kaos tersebut termasuk jenis pakaian yang tidak pernah ketinggalan. Jika dibandingkan dengan jenis pakaian yang lain, jenis kaos ini memang menawarkan banyak keuntungan. Jadi tidak heran jika market kaos polos cukup luas. Jika Anda masih belum yakin apa saja kegunaannya, berikut ini adalah beberapa manfaat atau kegunaan kaos tersebut

Manfaat Kaos Polos

  • Lebih Nyaman Saat Dipakai

Kebanyakan, jenis kaos ini terbuat dari 100% bahan katun di mana pembuatan bahan katun itu sendiri berasal dari kapas. Dengan penggunaan bahan tersebut, kaos ini akhirnya lebih mudah untuk menyerap keringat dan juga memberikan sensasi yang adem pada saat digunakan oleh pemakainya.

  • Harga Lebih Murah

Sebenarnya tidak semua jenis kaos ini dibanderol dengan harga yang terjangkau. Pasalnya beberapa vendor kaos ini menawarkan harga jual yang cukup mahal. Apalagi jika kaos tersebut diproduksi dari bahan yang tergolong unik. Walaupun demikian, produk kaos ini biasanya ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Karena kaos terbuat dari beberapa jenis bahan, jenis bahan itulah yang nantinya berpengaruh terhadap harga jual kaos tersebut.

  • Dapat Dipakai Untuk Berbagai Kegiatan

Selama ini jenis kaos yang polos selalu identik dengan acara – acara yang bersifat santai atau informal. Padahal jenis kaos ini sebenarnya juga dapat dipakai dalam berbagai kegiatan atau acara lain. Pakaian ini memang biasanya digunakan saat santai di rumah atau hangout dengan teman. Selain itu, pakaian ini juga sering dipakai saat olahraga. Untuk acara formal, kaos ini sebenarnya juga dapat Anda kenakan yaitu dengan menambahkan blazer di bagian luar.

  • Dapat Menjadi Kaos Identitas

Biasanya jenis kaos ini dipakai oleh komunitas tertentu atau fans dari penyanyi atau band tertentu ketika sang idolanya sedang mengadakan konser. Jadi kaos ini tidak hanya sekedar sebagai kaos identitas fashion namun juga dapat menjadi identitas kelompok. Biasanya satu kelompok komunitas akan menggunakan pakaian dengan warna yang sama misalnya warna hitam atau warna merah.

  • Dapat Dipakai Oleh Siapa Saja

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kaos polos memang dapat digunakan oleh siapa saja dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, perempuan, dan laki-laki dapat menggunakan kaos ini dengan leluasa. Jadi kaos ini tidak kenal gender dan usia karena sifatnya yang netral.

  • Mudah Diperoleh Di Pasaran

Kaos ini telah menjadi salah satu jenis pakaian yang mudah diperoleh di pasaran. Hampir semua toko pakaian atau distro menyediakan kaos ini dengan merek masing – masing. Anda dapat menjumpainya di penjual – penjual pakaian di pasar, di pinggir jalan, hingga di pusat perbelanjaan modern telah ramai menyediakan jenis kaos ini. Kaos tersebut biasanya dijual secara ecer untuk penjualan satuan atau secara grosir untuk jumlah banyak.

Lebih menariknya lagi, kaos tersebut saat ini juga sudah dapat diperoleh dari media internet. Saat ini sudah mulai banyak pengusaha toko online yang menyediakan jenis kaos ini, Apalagi dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, para konsumen tentunya dapat memperoleh kaos tersebut dengan mudah. Selain itu, konssumen juga dapat memilih desain sendiri.

  • Hadir Dalam Berbagai Ukuran

Kaos polos saat ini telah hadir dengan ukuran yang beragam. Mulai dari ukuran yang paling kecil hingga ukuran jumbo biasanya selalu tersedia. Jadi tidak akan ada lagi cerita Anda kehabisan kaos tersebut. Bahkan pilihan ukuran untuk jenis kaos ini jauh lebih lengkap dibandingkan jenis kaos lainnya.

  • Dapat Dijadikan Sebagai Buah Tangan atau Oleh-oleh

Jika Anda bingung mencari sesuatu untuk oleh – oleh saudara atau teman saat Anda sedang bepergian ke suatu tempat, Anda tidak perlu khawatir karena kaos berdesain polos ini juga dapat digunakan sebagai oleh-oleh. Apalagi dengan harga kaos yang cukup terjangkau, pakaian ini tentu dapat menjadi oleh – oleh yang menarik dan lain daripada yang lain. Kaos polos dapat dikatakan sebagai salah satu souvenir yang mudah didapatkan untuk saat ini karena tersedia di berbagai kota dan toko.

Jenis Bahan yang Biasa Digunakan Untuk Kaos Polos

Walaupun Anda sudah sangat familiar dengan kaos yang satu ini atau bahkan sering memakainya, tetapi ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja jenis bahan yang digunakan untuk pembuatan suatu jenis kaos dibandingkan dengan bahan kaos lainnya, termasuk bahan untuk kaos yang polos. Biasanya jenis bahan kaos yang dijumpai di pasaran adalah bahan cotton combed, CVC, cotton carded, TC, Hyget, dan PE. Berikut ini adalah informasi mengenai jenis – jenis bahan yang ada di pasaran.

  • Cotton Combed

Bagi Anda yang termasuk pengguna yang lebih memprioritaskan kenyamanan dan kualitas dalam memilih pakaian, maka bahan cotton combed menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Hal ini karena bahan tersebut terbuat dari bahan serat benang yang memiliki karakteristik lebih halus. Selain itu, penampilan bahan dan hasil rajutannya juga lebih rata dan halus. Saat ini bahan cotton combed sendiri telah dikelompokkan menjadi beberapa jenis ukuran mulai dari 20s, 24s, 30s, hingga 40s.

 

Yang jelas, semakin besar angka dari jenis cotton combed tersebut, ini berarti kualitas kaos polos dari bahan tersebut semakin baik karena bahannya semakin tipis dan halus. Namun harga jualnya semakin mahal. Biasanya jenis kaos distro polos menggunakan bahan cotton combed ukuran 20s atau 30s. Sedangkan ukuran lainnya dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kaos untuk wanita atau untuk pembuatan pakaian dalam.

  • Cotton Carded

Bahan yang satu ini juga hadir dengan variasi ukuran yang mirip dengan bahan cotton combed. Yang membedakan antara cotton carded dengan cotton combed adalah serat benang pada jenis kain ini masih kurang halus. Selain itu, penampilan bahan dan hasil rajutan kainnya juga kurang rata dan kurang halus. Bahan cotton carded biasanya digunakan untuk pembuatan kaos – kaos kelas menengah. Karena kualitasnya di bawah cotton combed, maka harga jual kaos ini juga di bawah harga kaos cotton combed. Walaupun secara fisik dan tampilan tidak terlalu halus, jenis bahan ini tetap nyaman saat digunakan karena terbuat dari 100% serat kapas.

  • Cotton Viscose atau CVC

Ini adalah bahan kaos campuran yang terdiri dari bahan cotton combed 555 dan bahan viscose 45%. Bahan ini menawarkan keunggulan berupa tingkat susut pola yang lebih kecil dibandingkan bahan katun. Sama seperti jenis kaos lainnya, jenis bahan ini masih mampu menyerap keringat dengan baik dan nyaman saat dipakai , bahan kaos jenis lebih memiliki kualitas yang cenderung lebih baik dibanding dengan cotton biasa ataupun cotton carded .

  • Viscose

Bahan kaos polos yang satu ini juga sering disebut dengan rayon. Ini adalah bahan serat sintesa selulosa organik yang sering dimanfaatkan sebagai bahan kain. Bahan ini memiliki tekstur yang mirip dengan tekstur kapas. Biasanya bahan Viscose sering dipakai untuk menambah kenyamanan pada bahan serat sintesis dan dapat membantu menambah kecerahan dari warna kaos, Keunggulan dari jenis kaos dari bahan viscose adalah serat kainnya memiliki ketahanan yang lebih tinggi terhadap kelembaban, lebih lembut daripada kapas, dan kecemerlangan warnanya juga lebih baik. Walaupun demikian, kain ini juga terkesan mewah sehingga jarang tersedia di pasaran karena harganya cenderung mahal.

  • Teteron Cotton atau TC

Bahan kaos yang satu ini terbuat dari perpaduan cotton combed dan teteron atau polyster dengan perbandingan 35% dan 65%. Keunggulan dari bahan tersebut adalah tidak mudah melar atau menyusut. Dari segi harga, kaos dari bahan ini harga jualnya lebih murah dibandingkan bahan lainnya. Harga tersebut memang cukup sebanding dengan kualitasnya karena bahan tersebut kurang mampu menyerap keringat saat digunakan dan terasa lebih panas.

  • Polyester atau PE

Ini adalah bahan kaos yang dihasilkan dari minyak bumi atau serat sintetis yang diproduksi untuk pembuatan bahan kaos. Bahan tersebut berupa serat viber poly. Kualitas bahan Polyester di bawah bahan Teteron yaitu panas saat dipakai dan tidak mampu menyerap keringat. Jenis ini masih cukup banyak dijumpai di pasaran untuk kaos-kaos dengan harga murah

  • Hyget

Bahan yang satu ini terbuat dari bahan plastik dan sifatnya lebih tipis. Jenis bahan ini biasanya banyak digunakan untuk kaos partai atau kaos kampanye. Hal ini karena hyget merupakan bahan kaos yang paling murah. Namun dengan karakteristik yang dimiliki oleh kain tersebut, kaos dari bahan ini sangat tidak nyaman saat digunakan. Selain tipis, bahan ini juga tidak dapat menyerap keringat dengan baik.

Warna Kaos Polos

Pilihan warna untuk kaos polos saat ini sangat beragam. Bahkan pilihan warna yang tersedia untuk jenis kaos ini lebih lengkap dibandingkan jenis kaos lainnya. Hampir semua jenis warna yang Anda butuhkan tersedia untuk jenis kaos yang satu ini. Warna kaos yang paling banyak dijumpai di pasaran merupakan warna – warna yang netral seperti warna hitam dan putih. Jenis kaos tersebut banyak diminati dengan desain polos.

Selain dapat digunakan langsung sebagai pakaian sehari-hari, jenis kaos desain polos dari warna netral biasanya juga menjadi bahan untuk pembuatan kaos sablon sehingga dapat dibuat menjadi berbagai macam desain yang lebih menarik sesuai dengan keinginan para pembuatnya. Selain warna hitam dan putih, kaos ini juga hadir dalam pilihan warna lainnya yang menarik seperti warna merah cerah, merah marun, abu-abu, biru donker, biru muda, pink, biru royal, pink tua, kuning, orange, ungu, coklat, dan warna lainnya.

Setiap produsen pakaian biasanya sudah memberikan warna masing-masing dengan tingkat kecerahan yang berbeda. Oleh sebab itu, kaos warna merah polos dari produsen A belum tentu sama dengan warna merah dari produsen B dan produsen C. Perbedaan inilah yang membuat ketersediaan warna kaos polos di pasaran semakin beragam walaupun semuanya sama-sama hadir dengan desain polos tanpa motif.

Model Kaos Polos

Saat ini ada banyak sekali model dan jenis kaos polos yang diproduksi oleh pabrik pakaian dengan berbagai pilihan warna. Kaos tersebut juga memiliki model yang cukup beragam. Hal ini tentu menjadikan bahan kaos tersebut cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan karena setiap orang memiliki selera model kaos masing – masing.

Bagi orang-orang saat ini, tampil gaya dengan kaos yang polos telah memberikan daya tarik tersendiri. Selain memberikan kesan elegan dan santai, jenis kaos ini ternyata mampu membuat seseorang yang memakainya terlihat lebih fashionable dan casual. Anda mungkin selama ini baru mengenal model kaos polos yang cukup umum dijumpai di masyarakat seperti mode O-neck atau kerah bundar.

Selain itu, kaos ini ternyata masih memiliki beragam model lainnya yang lebih menarik. Berikut ini adalah beberapa macam model kaos yang dapat menjadi pilihan untuk Anda.

  • Kaos O-neck

Jenis kaos yang satu ini hadir dengan lubang leher yang berbentuk bundar. Ini adalah kaos yang cukup banyak dijumpai di pasaran dan menjadi bentuk awal dari kaos sebelum mengalami perubahan modifikasi.

  • Kaos V-neck

Sesuai dengan namanya, kaos ini memiliki bentuk lubang leher yang menyerupai huruf V yaitu terdiri dari 2 garis ribs bersudut di dekat dada atas. Untuk sudut pertemuan garisnya juga bervariasi karena disesuaikan dengan selera produsen yang membuatnya.

  • Kaos U-neck

Jenis kaos ini hadir dengan desan lubang leher yang merupakan perpaduan antara kaos V-neck dan kaos O-neck. Lubang leher tersebut agar membulat tetapi tidak memiliki sudut yang tajam seperti kaos V-neck.

  • Kaos Y-neck

Ini adalah jenis kaos dari variasi lubang leher bentuk V. Tetapi model kaos ini diberi tambahan kancing layaknya kaos kerah sehingga lubang lehernya memiliki bentuk seperti huruf Y. Jenis kaos ini memang tidak terlalu banyak ada di pasaran.

  • Kaos Turtleneck

Sesuai dengan namanya, model kaos ini dinamai dengan turtle atau kura – kura karena memiliki lubang leher yang memanjang seperti leher binatang kura-kura. Kaos ini memiliki model yang cukup unik.

  • Kaos Raglan

Model kaos yang satu ini agak berbeda dari bagian sambungan tangan. Jika kaos pada umumnya memiliki bentuk sambungan tangan yang diagonal dari ketiak sampai di pundak luar, jenis kaos ini hadir dengan sambungan tangan yang miring yakni dari ketiak ke lubang leher secara langsung.

Itulah beberapa model kaos polos yang ada di pasaran. Jika Anda bertanya mengenai kaos seperti apa yang paling banyak diminati di pasaran, maka jawabannya adalah jenis kaos dengan tekstur yang lembut, halus, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Kaos polos Andalas merupakan salah satu brand kaos yang telah dikenal dengan produk – produk kaos polosnya. Kaos tersebut memiliki kualitas yang bagus dan terdiri dari pilihan warna yang beragam.

Dibawah ini juga kami akan berikat informasi yang super lengkap mengenai jenis-jenis bahan seragam kerja atau kantoran yang paling sering digunakan di Indonesia .

Nama -nama bahan seragam kerja berikut dengan karakteristik dan penggunaanya

Saat ini mungkin kita telah mengetahui ada banyak sekali model dan jenis dari seragam ini mulai daari , seragam kerja , seragam kantor , seragam komunitas , seragam club dan lain sebagainya . Perlu diketahui bahwa penggunaan material dari seragam ini memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainya , semua itu tergantung dari tujuan dari pembuatan seragam itu sendiri , untuk lebih lengkapnya silahkan pahami nama dan karakteristik bahan seragam dibawah ini :

1 . Bahan seragam Katun

di Posisi awal ditempati oleh bahan dasar yang terbuat dari serat kapas alami yakni katun , bahan katun sediri sangat tinggi penggunaanya di Indonesia , mulai dari kegunaanya sebgai seragam kerja , seragam guru , seragam satpam , juga seragam-seragam kerja lainya yang ruang lingkupnya dalam aktifitas kenegaraan . Jenis bahan ini memiliki tekstur yang cukup baik dikelasnya , lebut , nyaman dan terlihat ringan . Tak hanya itu katun juga tidak mudah luntur , tidak mudah robek dan cukup awet warnanya .

2 . Bahan seragam Drill

Bahan Drill ini banyak kita dapatkan pada seragam kerja para TNI , dan seragam militer lainya yang sifatnya lebih ke keamanan tingkat tinggi . pasalnya tekstur dari Drill sendiri yakni memiliki ketebalan yang baik sehingga mampu bertahan dalam segala medan yang berat sekalipun . Karakteristik dari Drill dianataranya , tidak mudah robek , sangat kuat , tebal , hangat dan tidak mudah luntur terkena hujan dan sinar matahri sekalipun . Jenis bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan jacket-jacket dengan kualitas tinggi dan snagat kuat untuk pemakaian kasar sekalipun , seperti contohnya mendaki gunung , traveling di Hutan , traveling di gurun pasir dan lain sebagainya .

3 . Bahan seragam Twist Drill ( Drill serat kecil )

Jenis bahan satu ini adalah anakan dari induknya yakni Drill yang mana bahan ini tercipta hampir sama dengan bahan Drill , jenis bahan ini memiliki ketebalan yang sedikit lebih tipis jika dibanding dengan Drill dan banyak digunakan untuk kebutuhan jacket atau jas Almamater kuliah .

4 . Bahan seragam American Drill ( Drill serat sedang )

Sama seperti Twist Drill material American Drill juga adalah anakan dari Drill yang mana emmiliki tekstur yang lembut , nyaman dan sangat kuat . Bahan jenis ini banyak digunakan untuk kebutuhan Almamater , jas komunitas , juga kemeja komunitas atau club . Dengan tingkat ketebalah diatas adiknya Twist Drill membuat bahan American Drill ini cocok juga jika digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jacket untuk berkendara sepeda motor atau jacket pegunungan .

5 .  Bahan seragam Japan Drill ( Drill serat besar )

Untuk bahan yang satu ini yakni memiliki ketebalan yang lebih tinggi jika dibanding dengan bahan sejenis Drill lainya , yang mana penggunaanya juga banyak digunakan untuk keperluan seragam kerja seperti Media TV dan seragam karayawan hotel , seragam karyawan resto dan lain sebagainya . Banyak juga digunakan untuk seragam club motor , seragam club mobil , seragam komunitas dan lain sebagainya .

6 . Bahan seragam Tropical

Banyak para kalangan elite kantoran yang menggunakan material ini , yakni biasnaya digunakan untuk seragam kerja kantoran dengan kebutuhan aktifitas yang mengharuskan seseorang tampil dengan nyaman namun tetap terlihat mahal . Bahan Tropical ini dijual dengan harga yang cukup mahal yakni berkisar 35 ribu hingga 46 ribu per meter nya dan memiliki lebih dari 150 pilihan warna  , jneis bahan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan seragam Blazer kantoran atau Blazer organisasi yang memiliki kualitas baik .

7 . Bahan seragam Kanvas

Bahan yang satu ini selain banyak digunakan untuk pembuatan seragam lapangan , juga banyak digunakan untuk kebutuhan jacket para pendaki gunung , sifatnya yang menghangatkan dan snagat kuat membuat jacket ini sangat cocok bila dipakai untuk aktifitas luar yang tinggi . Bahan Kanvas sendiri adalah campuran antara katun dan Linen yang memiliki ketahanan yang snagat baik dan awet meskipun dipakai hingga pemakaian dengan waktu yang cukup lama sekalipun .

8 . Bahan seragam Castilo

Untuk bahan seragam satu ini yakni Castilo , memiliki tekstur yang halus , lembut , nyaman , adem dan tahan kusut . Jenis bahan ini banyak digunakan oleh para karyawan rumah makan , karyawan bengkel , karyawan rumah sakit , karyawan buruh pabrik dan lain sebagainya . meskipun murah tak membuat kualitas dari Castilo turun , bahan ini tetap layak digunakan karena sifatnya , nyaman , adem , lembut dan tidak terlihat murahan .

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai rincian dari nama-nama dan bahan-bahan dari kaos , jacket juga seragam . Kami yakin mungkin dianatara Anda saat ini pasti ada yang tengah mencari kesana kemari untuk dapat mengetahui informasi yang sedetail mungkin mengenai nama dan bahan apa yang yang paling digunakan dalam pembuatan kaos distro , jacket dan juga seragam kerja . Untuk itu semoga apa yang kami smapaikan pada artikel yang super lengkap ini , bisa memberikan manfaat yang besar untuk kita semua , sekian dan terima kasih .

Konveksi kita juga menerima orderan pembuatan kaos , jacket , seragam dan lain sebagainya , dengan harga yang sangat terjangkau , silahkan konsultasikan pesanan Anda ke nomor berikut 0822 9888 9848 , atau bisa juga ke email : konveksikita.id@gmail.com . Kami dengan senang hati melayani Anda full 24 jam .