Mengenal tingkatan sabuk karate – Teknik beladiri karate adalah gaya beladiri yang berrasal dari Negeri sakura yakni Jepang , yang mana mempunya ciri khas yakni menggunakan baju khas Kimono Jepang sebagai pakaian tarung nya . Saat ini di Indonesia juag telah banyak beredar perguruan karate ini , mulai dari perguruan karate anak-anak , dewasa hingga lanjut usia .

Teknik beladiri yang terdapat di Indonesia sendiri saat ini jumlahnya cukup banyak yakni diantaranya , Karate , Kungfu , Taekondo , Muachai , Pencak silat , Tinju , MMA dan lain sebagainya . Namun yang paling terknal dan cukup populer di tanah air yakni karate dan Taekondo , dua jenis teknik beladiri inilah yang paling banyak di gemari semua kalangan di Indonesia .

Arti Tingkatan warna sabuk dalah teknik beladiri Karate

Sama seperti teknik beladiri lainya , dalam karate juga memiliki tingkatan-tingkatan level tersendiri untuk setiap pelajar yang mendalami teknik beladiri karate ini , simbol tingkatan tersebut dapat dibedakan dari warna dari sabun yang Ia kenakan saat bertarung , Sabuk karate sendiri yakni memiliki  lebar 1.5 inci (atau kurang dari 4 cm) dan panjang sekitar 100 inci atau 2,56 meter (All-Karate.com, 2006) .

Seperti apa tingkatan dari sabuk karate ini ? silahkan lihat penjelasan lengkap kami dibawah ini :

Sabuk Putih

Sabuk putih pada baju karate ini digunakan untuk mereka yang baru pertama kali mengikuti teknik beladiri karate ini , yang memiliki makna dan arti murni atau kesucian , hal ini sangatlah cocok bila diartikel kepada mereka yang masih putih dan suci akan hal teknik beladiri karate ini , dan ini sangat tepat bisa di aplikasikan pada pelajaran-pelajaran yang mereka terima nantinya ketika tengah mendalami teknik beladiri karate ini dari sensei nya ( guru ) .

Dan pada akhirnya ketika mereka dilepas ke luar , mereka sendirilah yang akan bertanggung jawab atas segala tindakan dan perilaku dari hasil pembelajaran teknik beladiri karatenya masing-masing . Teknik beladiri sendiri pada dasarnya bukan bertujuan untuk jago-jagoan , atau sombong-sombongan , melainkan untuk menjaga diri sendiri , keluarga dan orang sekitar kita dari serangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab , jadi bagi para pemula , berniatlah kepada diri sendiri sebelum mempelajari teknik karate lebih dalam lagi , alangkah bagusnya jikalau kita memiliki niat yang bersih suci seperti sabuk putih karate level 1 ini .

Sabuk Kuning

Jika seseorang telah sampai kepada sabuk kuning dalam teknik beladiri karate ini , maka disinilah akhir dari level tahap beginer pada sabuk putih . yang mana  pada sabung ini , mereka akan diajarkan berbagai teknik karate lanjutan dari sabuk putih yang tentunya lebih sulit dan menantang . Pada sabuk kuning juga ada beberapa yang memiliki keterampilan diatas rata-rata dan mereka telah dilepas oleh sensei nya kedalam ring pertarungan pada turnamen . Sabuk juga terbagi menjadi dua bagian yakni , sabuk kuning muda , dan sabuk kuning tua / orange .

Jika Anda telah sampai pada tahapan sabuk kuning ini , amak bersungguh-sungguhlah dalam berlatih , karena tahapan kuning ini sedikit lagi akan menempuh sebuah tahapan yang lebih expert lagi yakni sabuk hijau , yang tentunya berisi ratusan teknik yang lebih sulit dari tahapan sebelum nya .

Sabuk Hijau

Warna hijau dalam tahapan sabuk karate ini dapat diartikan sebagai pohon dan rumput , yang mana didalamnya memberi kesejukan dan keseimbangan udara semesta pada lingkungan sekitarnya , begitu juga dengan orang yang berhasil menempuh tahapan sabuk hijau ini , yakni mereka  diharapkan agar mampu mengembangkan lagi teknik jurus yang pernah dipelajari sebelumnya pada beladiri karate tersebut dan mampu saling memberikan manfaat yang besar untuk lingkungan sekitarnya .

Yng pada Intinya pada tahapan sabuk hijau ini , seorang diwajibkan memberikan harmoni kepada sesama manusia , memberi manfaat , menghormati ,dan lain sebagainya . Yang pada dasarnya beladiri diciptakan tidak lain hanya bertujuan untuk kedamaian dan ketentraman antar umat manusia .

Sabuk Biru

Sabuk biru sendiri dapat diartikan sebagai alngit dan ruang angkasa yang luas , itu artinya seorang karateka harus mampu mengembangkan lagi kemampuanya beladirinya sesuai apa yang sudah dipejarinya saat ini , tak hanya itu seorang karateka juga dituntut memiliki cara berfikir yang luas dan jernih layaknya langit yang cerah diatas sana . Seorang karateka pada tahapan sabuk biru ini lebih dituntut untuk lebih memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan sekitar dengan dua hal yakni melalui kepiawaian dia dalam beladiri juga emmberi solusi bagi setiap masalah lingkungan dengan pola pikir yang jernih dan cerdas .

Sabuk Coklat

Untuk sabuk coklat juga dapat diartikan sebagai Tanah , yang memiliki makna yakni kestabilan dan kerenda hatian . Seorang karateka dalam tahapan sabuk coklat ini , harus mampu bersikap dan ber etika dengan sangat baik dan stabil kepada setiap junior nya maupun kepada orang-orang di lingkungan sekitarnya . Pada tahapan sabuk cokal juga , seorang karateka wajib memiliki mental psikologis yang baik , stabil dan tidak arogan dengan kemapuan yang dimilikinya .

Sabuk Hitam

Pada tahapan inilah seorang karateka telah mampu menjadi seorang sensei bagi para juniornya , sabuk hitam adalah tahapan yang di dambakan oleh semua karateka junior , namun tentu seorang karateka yang mapu ke tahap sabuk ini , tidaklah mudah proses nya, mereka emmbutuhkan waktu hingga minimal 3 smester untuk menmpuh sabuk hitam ini , atau sekitar 1.5 Tahunan .

Pada Sabuk hitam juga seorang karateka diwajibkan memiliki sikap yang teguh , disiplin tinggi , percaya diri yang kuat , psikologis yang stabil , ramah dan tetap rendah hati , hampir semua element kebaikan harus dimiliki seorang karateka pada sabuk hitam ini . Selain wajib menjadi teladan bagi para junior nya , karateka sabuk hitam juga wajib mengeksplore kembali kemapuan teknik beladiri nya dengan cara sendiri .

Hierarki Karate adalah sebuah tingkatan yang didalamnya memiliki sebutan juga arti dan tingkatan yang berbeda-beda seperti tahapan dibawah ini contohnya .

Warna Sabuk     Kyu        Sebutan

(Jepang)              Sebutan (Indonesia)

Putih     10           Kohai    Pemula

Kuning  9-8          Kohai    Pemula

Oranye 7              Kohai    Pemula

Hijau     6              Kohai    Pemula

Biru        5-4          Kohai    Pemula

Coklat   3-1          Sempai Senior / Asisten Pelatih

Hitam    Dan 1 s/d Dan 3 Sempai Senior / Pelatih biasa

Dan 4 s/d Dan 5 Sensei  Guru / Pelatih Kepala

Dan 6 s/d Dan 8 Renshi / Dai Sensei / Kyoshi       Guru Ahli / Utama

Dan 9 s/d Dan 10              Shihan / Hanshi                Guru Besar / Mahagur

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai tingkatan sabuk beladiri karate ini , semoga bermanfaat untuk kita semua , khususnya bagi mereka yang saat ini berencana mempelajari teknik beladiri karate ini . skeian dan terima kasih .

Tambahan !

Konveksikita.id Juga menerima jasa pembuatan kaos polos , kaos band , kaos nime , kaos lucu , kaos musik , kaos distro , kaos 3D , kaos partai , kaos seragam , kemeja kerja , seragam bengkel , seragam partai , polo shirt , jacket , swetaer , topi anak , topi lapangan , cetak emblem , dan aneka macam pakian lainya .

Kami menggunakan tenaga kerja yang ahli dibidangnya dan sudah terbukti kompeten untuk produksi masal baju dan kaos tersebut . Kami juga menggunakan peralatan dan material bahan pakaian yang good quality  dan sanggup memproduksi pakaian dengan volume yang besar .

Segera konsultasikan pakaian yang ingin Anda buat melaui kontak berikut : 0822 9888 9848 , atau bisa juga ke email : konveksikita.id@gmail.com . tau Anda bisa juga datang langsung ke workshop kami di alamat :  Jl. Swadaya VI, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, 16436 . Dengan senang hati kami akan melayani Anda . Terima kasih .