Baju dinas merupakan pakaian seragam yang digunakan untuk menunjukkan identitas dari Pegawai Negeri Sipil saat menjalankan tugas. Ada pula atrbut yang menjadi tanda untuk melengkapi pakaian dinas tersebut. Atribut tersebut biasanya disesuaikan dengan jabatan orang yang bersangkutan. Kelengkapan pakaian yang digunakan oleh PNS wajib disesuaikan dengan jenis pakain dinasnya termasuk kaos kaki, sepatu, ikat pinggang, dan atribut lainnya.

Pengawai Negeri Sipil memiliki beberapa jenis pakaian dinas yaitu sebagai berikut:

  • Pakaian Dinas di Departemen Dalam Negeri

Pakaian dinas yang dikenakan oleh PNS di lingkungan Departemen Dalam Negeri meliputi PDH (Pakaian Dinas Harian), PSH (Pakaian Sipil Harian), PSR (Pakaian Sipil Resmi), dan PSL (Pakaian Sipil Lengkap)

  • Pakaian Dinas di Pemerintah Provinsi

Jenis pakaian dinas yang digunakan di lingkungan pemerintah provinsi hampir sama dengan pakaian di Departemen Dalam Negeri yaitu Pakaian Dinas Harian, Pakaian Sipil Harian, Pakaian Sipil Resmi, Pakaian Sipil Lengkap, dan Pakaian Dinas Lapangan. Yang membedakan hanya terletak pada Pakaian Dinas Lapangan

  • Pakaian Dinas di Pemerintah Kota/ Kabupaten

Pakaian dinas ini terdiri dari Pakaian Dinas Harian, Pakaian Sipil Harian, Pakaian Sipil Lengkap, Pakaian Sipil Resmi, Pakaian Dinas Lapangan, dan Pakaian Dinas Upacara.

Setiap pakaian dinas yang disebutkan di atas tentu memiliki fungsi untuk menunjukkan identitas dari pegawai,  sarana pengawasan pegawai, dan menunjukkan jabatan tertentu. Beberapa pakaian dinas di Pemkot atau Pemkab hanya digunakan untuk camat atau lurah. Bahan baju dinas yang umum digunakan adalah bahan drill.

Kelengkapan Masing-Masing Pakaian Dinas

  • Pakaian Dinas Harian

Model baju dinas ini terdiri dari kemeja lengan pendek warna khaki dengan lidah bahu, celana panjang warna khaki, ikat pinggang,kaos kaki, dan sepatu hitam. Untuk wanita berupa baju dengan ketentuan yang sama tetapi mengenakan rok dengan ukuran 15 cm di bawah lutut dan sepatu fantofel berwarna hitam. Untuk pakaian dinas harian wanita hamil atau berjilbab dapat menyesuaikan. Bagi pegawai dengan golongan IV/A ke atas, selain memakai pakaian dinas harian juga dapat mengenakan Pakaian Sipil Harian dalam menjalankan tugas.

  • Pakaian Dinas Harian Lurah dan Camat

Pakaian Dinas untuk lurah dan camat pria berupa kemeja lengan pendek warna khaki berlidah bahu, celana panjang warna khaki, ikat pinggang, kaos kaki, dan sepatu warna hitam serta tanda pangkat atau jabatan. Untuk wanita memiliki ketentuan yang sama dengan pakaian dinas harian tetapi dengan tanda pangkat atau jabatan. Sedangkan PDH untuk wanita hamil dan berhijab dapat menyesuaikan.

  • Pakaian Sipil Harian

Baju dinas ini dikenakan saat bekerja sehari – hari atau kegiatan lain yang bersifat umum. PSH pria berupa jas berlengan pendek dikombinasikan dengan celana panjang berwarna sama. Model pakaian bagian leher berdiri dan terbuka serta dilengkapi dengan 3 saku yakni dua di bawah kiri dan kanan serta 1 di atas kiri. Baju PSH didesain dengan 5 buah kancing. Baju PSH untuk wanita memliki ketentuan sama tetapi dipadukan dengan rok sedangkan wanita berhijab menyesuaikan.

  • Pakaian Sipil Resmi

PSR digunakan untuk menghadiri suatu upacara tetapi bukan upacara kenegaraan, dipakai di malam hari, dan menerima kunjungan tamu dari luar negeri. Pakaian ini berupa jas engan panjang dipadukan dengan celana panjang berwarna sama, kancing 5 buah, model leher, dan saku seperti PSH. Untuk PSR wanita berupa jas lengan panjang, rok 15 cm di bawah lutut berwwarna sama, kancing 5 buah, kerah leher, dan saku sesuai ketentuan PSH. Untuk PSR wanita hamil dan berjilbab menyesuaikan.

  • Pakaian Sipil Luar

Pakaian ini dikenakan saat upacara resmi kenegaraan atau saat bepergian ke luar negeri dalam tugas negara. Ketentuannya adalah jas berwarna gelap dipadukan dengan kemeja dan dasi serta celana panjang berwarna sama. PSL wanita juga berupa jas berwarna gelap, kemeja, dasi, dan rok 15 cm di bawah lutut dengan warna sama dengan jas

  • Pakaian Dinas Luar

Pakaian ini digunakan saat menjalankan tugas di lapangan yang sifatnya teknis. Ketentuan pakaian ini hampir sama seperti PDH yaitu  setelan berwarna khaki dan mengenakan sepatu warna hitam.

  • Pakaian Dinas Upacara

Pakaian dinas ini sesuai dengan namanya digunakan untuk melaksanakan upacara di hari – hari besar dan upacara pelantikan. PDU lurah atau camat berupa kemeja berwarna putih, jas putih dengan kancing berwarna kuning emas, dasi berwarna hitam polos, celana panjang putih, kaos kaki hitam, dan sepatu kulit hitam. Untuk PDU wanita berupa kemeja warna putih, jas putih dengan kancing kuning emas, dasi hitam polos, rok putih dengan panjang 15 cm di bawah lutut, dan sepatu pantofel berwarna hitam

Baju Dinas Guru

Pakaian dinas yang dikenakan oleh guru PNS berbeda-beda antara satu daerah dengan yang lain. Namun pakaian yang wajib dikenakan adalah pakaian dinas harian. Ketentuan pakaian ini sama seperti pakaian dinas harian yang digunakan oleh pegawai sipil di kantor pemerintahan. Saat ini kehadiran model – model pakaian dinas guru wanita memang lebih beragam. Perpaduan desain dari baju tersebut dapat membuat guru wanita terlihat lebih modern dan modis. Berikut ini adalah beberapa contoh baju kerja guru yang populer saat ini

  • Baju Guru Lengan Panjang

Ini adalah salah satu model baju yang banyak dipilih untuk seragam dinas. Baju ini nyaman dipakai dan memberikan kesan yang lebih sopan bagi orang yang memakainya. Jenis baju ini sebaiknya dibuat dengan ukuran yang pas tetapi tidak terlalu ketat mengingat guru adalah sosok yang menjadi panutan bagi para muridnya.

  • Baju Guru Lengan Pendek

Selain pakaian dengan lengan panjang, model pakaian dinas untuk guru juga banyak yang menggunakan lengan pendek. Ukuran lengan seragam ini sama seperti lengan blus wanita pada umumnya. Baju ini cukup banyak diminati karena lebih praktis dan tidak gerah saat dipakai.

Untuk model ini tentu hanya bisa dipakai oleh guru wanita yang tidak berhijab. Baju guru lengan pendek untuk wanita dapat dipadukan dengan celana panjang atau rok.

  • Baju Guru Muslimah

Baju guru yang satu ini saat ini sudah banyak diminati. Apalagi kebanyakan sekolah saat ini juga sudah mewajibkan guru – guru wanita yang beragama Islam untuk mengenakan jilbab sehingga pakaian guru muslimah ini menjadi pilihan yang tepat. Baju tersebut ada yang berupa setelan baju lengan panjang dengan rok panjang. Selain itu ada pula setelan baju muslimah berupa baju lengan panjang dan celana panjang sehingga tetap memungkinkan guru untuk bergerak secara lebih leluasa saat mengajar.

Tambahan !

Konveksikita.id Juga menerima jasa pembuatan kaos polos , kaos band , kaos nime , kaos lucu , kaos musik , kaos distro , kaos 3D , kaos partai , kaos seragam , kemeja kerja , seragam bengkel , seragam partai , polo shirt , jacket , swetaer , topi anak , topi lapangan , cetak emblem , dan aneka macam pakian lainya .

Segera konsultasikan pakaian yang ingin Anda buat melaui kontak berikut : 0822 9888 9848 ( Ihsan ) , atau bisa juga ke email : konveksikita.id@gmail.com . tau Anda bisa juga datang langsung ke workshop kami di alamat :  Jl. Swadaya VI, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, 16436 . Dengan senang hati kami akan melayani Anda . Terima kasih .