Contoh desain model baju Paskibra terbaru – Paskibra atau Pasukan Pengibar Bendera merupakan salah satu bagian yang paling menarik perhatian dalam setiap kegiatan upacara. Dengan postur tubuh yang tinggi dan sikap yang tegap, paskibra selalu memikat banyak orang dan banyak pelajar yang mendambakan untuk menjadi paskibra. Selama ini, paskibra selalu memakai pakaian khusus baik untuk latihan maupun saat upacara. Pakaian tersebut ternyata terdiri dari beberapa jenis.
Jenis Baju Paskibra

Baju Paskibra ternyata terdiri dari beberapa jenis yang berbeda-beda. Setiap jenis baju tersebut memiliki karakteristik tersendiri dan digunakan untuk waktu yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan dari jenis dan desain baju paskibra yang digunakan sampai saat ini.

  1. PDU
  2. Ini merupakan pakaian dinas upacara yang dipakai oleh anggota Paskibra yang bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih dalam upacara proklamasi. Pakaian Dinas Upacara atau yang sering disingkat dengan PDU awalnya hanya berupa baju putih berlengan panjang dan dilengkapi dengan 2 saku tutup di dada. Pakaian atasan dikenakan dengan cara dimasukkan ke dalam celana.

Namun sejak tahun 1983, model seragam paskibra ini hadir dengan model Safari dengan 4 saku tutup yang dipakai di luar celana. Adanya perubahan desain baju tersebut memang mengorbankan tampilan yang terkesan muda. Tetapi pakaian tersebut tetap terlihat gagah. PDU dalam pemakaiannya juga dilengkapi dengan atribut evolet, kendit, dan papan nama saat dikukuhkan.

  1. PDH

PDH atau pakaian dinas harian merupakan pakaian yang dipakai dalam kegiatan – kegiatan Paskibra. Jenis pakaian yang satu ini dipakai sebagai kostum senior. Baju atasan PDH ini berupa baju putih dengan lengan panjang yang dilengkapi dengan kantong tutup. Baju tersebut dipakai dengan dimasukkan ke dalam celana hitam. Pakaian ini juga dilengkapi dasi dengan aksesoris garuda, LK, evolet, papan nama, wing angkatan,LekBid, dan topi PDH. Jenis pakaian PDH ada 3 macam yaitu pakaian dinas harian lengkap (PDH 1), PDH 2 yaitu pakaian dinas harian lepas dasi, dan PDH 3 yaitu pakaian dinas harian yang tidak menggunakan atribut, dan lengan tangannya digulung.

  1. PDL

PDL atau Pakaian Dinas Lapangan merupakan pakaian yang biasa dipakai oleh paskibra saat berlatih. Pakaian ini juga dipakai dalam kegiatan lapangan. Baju atasan pada PDL berupa kaos. Pakaian PDL terdiri dari 2 jenis. PDL 1 berupa baju putih polos dengan bawahan berupa celana warna abu-abu. PDL 2 berupa baju putih polos dengan bawahan berupa celana pramuka. PDH dan PDL merupakan pakaian yang wajib dimiliki oleh para anggota Paskibra.

  1. PDP

PDP adalah Pakaian Dinas Pesta. Sesuai dengan namanya, pakaian yang satu ini dipakai untuk acara pesta atau kegiatan yang bersifat tidak resmi. Pakaian dinas ini hadir dengan desain yang formal dan biasanya dipakai untuk menghadiri acara makan malam bersama dengan anggota Paskibra dan para petinggi negara. PDP ini dapat berupa pakaian dinas batik. Pakaian batik tersebut dapat digunakan untuk acara pesta atau menghadiri kegiatan yang bersifat resmi maupun non resmi.

  1. PDK

PDK atau Pakaian Dinas Kotak-kotak merupakan pakaian dinas yang dipakai untuk kegiatan paskibra misalnya latihan gabungan, latihan satuan, dan rapat. Sesuai dengan namanya, pakaian tersebut hadir dengan desain kotak – kotak dan biasanya berwarna emas.

  1. Pakaian Kecabangan

Pakaian ini dipakai oleh Paskibra sesuai dengan bidangnya seperti PASPAMPAS, BINLAT, PROTOKOLER, dan Kespas.

Jenis Bahan yang Cocok Untuk Pakaian Paskibra

Kualitas bahan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan seseorang saat berpakaian, khususnya Paskibra.  Pada pembuatan seragam paskibra, kualitas bahan merupakan hal utama yang wajib untuk diperhatikan. Bahan tersebut harus memiliki kualitas yang terbaik. Pada umumnya, seragam paskibra terbuat dari bahan yang tebal dan dilengkapi dengan banyak aksesoris. Oleh sebab itu, wajib untuk memilih bahan yang nyaman dan sejuk saat digunakan.

Apalagi Paskibra merupakan pasukan yang khusus disiapkan untuk acara resmi negara seperti upacara bendera. Kualitas bahan merupakan hal yang wajib diperhatikan untuk memberikan kesan berwibawa dan elegan bagi orang yang memakainya. Selain itu, dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang tinggal beberapa bulan lagi, peringatan tersebut tentu memerlukan para petugas paskibra untuk mengisi rangkaian acara.

Bahan drill merupakan jenis bahan yang paling sering digunakan untuk membuat segaram Paskibra. Jenis bahan ini tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan dari masing – masing instansi, perguruan tinggi, dan sekolah.  Baju paskibra SD tentu akan berbeda dengan baju paskibra SMP. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang cocok untuk membuat baju Paskibra.

  1. Japan Drill

Jenis kain yang satu ini merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat seragam Paskibra.Bahan ini juga cocok untuk pembuatan seragam kerja lapangan, pakaian kantor, kemeja, rompi, jaket, dll. Japan drill memiliki karakteristik serat benang yang cukup tebal. Walaupun tebal, kain tersebut tetap nyaman dan adem saat digunakan karena dapat menyerap keringat dengan baik. Keunggulan lainnya dari bahan japan drill adalah mempunyai konsentrasi katun yang tinggi dan warnanya juga lebih awet. Harga kostum paskibra lomba dari bahan ini tergolong cukup mahal karena kualitasnya yang bagus.

  1. American Drill

Sama seperti jenis bahan kain drill yang lain, kain yang satu ini juga dibuat dari campuran bahan polyester dan katun dengan serat yang lebih lembut dibandingkan japan drill. Bahan yang satu ini mempunyai tekstur yang halus dan mampu menyerap keringat sehingga lebih sejuk dan nyaman saat digunakan.

  1. Hisoft Drill

Sama seperti bahan japan drill, jenis kain yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk membuat kemeja seragam, rompi, topi, blazer, dan jaket almamater. Kain yang satu ini juga terbuat dari campuran bahan polyester dan katun. Bahan hisoft drill juga cukup sering digunakan untuk membuat segaram Paskibra. Tetapi jika dilihat dari segi kualitas, bahan hisoft drill ini sedikit lebih unggul daripada bahan Japan Drill. Bahan Hisoft Drill hadir dengan tekstur yang sangat mirip dengan kain Japan Drill tetapi lebih halus dan lembut. Bahan tersebut mampu menyerap keringat dengan baik dan terasa sejuk saat dipakai.

Ketiga jenis bahan kain drill di atas sama – sama terbuat dari campuran bahan polyester. Jadi bahan tersebut sangat cocok untuk membuat seragam pakaian kantor dan baju paskibra sekolah karena memiliki tampilan yang elegan. Walaupun demikian, ada juga beberapa baju paskibra yang dibuat dari bahan lainnya.

Jika Anda melihat gambar baju paskibra, tentu gambar tersebut memperlihatkan bahwa pemakaian seragam tersebut juga disertai dengan beberapa atribut yang memiliki arti khusus dan tidak semua paskibra memakainya. Bagi sekolah – sekolah yang memerlukan baju paskibra, saat ini sudah banyak toko pakaian yang jual baju paskibra dalam berbagai ukuran. Anda juga dapat mencari model baju paskibra terbaru mulai dari baju untuk latihan hingga baju PDL.