Di momen – momen tertentu, baju profesi menjadi pakaian yang banyak dicari oleh anak-anak misalnya saat peringatan hari Pahlawan. Setiap profesi tersebut dianggap sebagai pahlawan dengan bidang kemampuan masing – masing. Mungkin dari sekian banyak profesi, dokter merupakan profesi yang banyak diminati oleh anak-anak. Selain itu, masih ada beberapa profesi lainnya yang kostumnya banyak dicari. Ingin tahu apa saja kostum atau baju profesi yang sering dicari? Simak ulasannya berikut ini.

Baju Pilot

Pilot termasuk salah satu profesi yang bergengsi dan banyak dicita – citakan, khususnya oleh anak laki- laki. Pilot memiliki pakaian yang khas sehingga siapapun dapat dengan mudah membedakan kostum profesi ini dengan profesi lainnya. Ciri khas utama dari pakaian pilot adalah berupa setelan baju atasan berwarna putih dengan celana berwarna biru donker dengan topi seperti topi polisi. Di bagian lengan baju tersebut juga terdapat dua garis yang memiliki makna tersendiri.

Anak-anak yang ingin memakai seragam pilot saat ini dapat dengan mudah mendapatkannya karena seragam pilot tersebut telah hadir dengan ukuran anak-anak. Yang menarik, baju tersebut memiliki desain yang sangat mirip dengan baju pilot sungguhan. Jadi anak-anak yang memakainya akan merasakan seperti seorang pilot asli karena mengenakan setelan pakaian yang lengkap.

Baju PGRI

Busana PGRI merupakan baju yang dipakai oleh guru – guru di seluruh Republik Indonesia. Baju ini biasanya digunakan saat upacara atau acara – acara penting lainnya. Memang, baju profesi yang dipakai oleh anak-anak tidak sama persis dengan busana PGRI yang digunakan oleh para guru. Namun baju tersebut memiliki desain yang hampir sama.

Busana PGRI itu sendiri berupa baju batik dengan motif yang khas berwarna hitam putih. Baju tersebut dipadukan dengan bawahan berupa rok atau celana berwarna hitam. Motif yang serupa memang banyak dijumpai pada kain batik lainnya. Namun kain batik yang digunakan untuk baju anak-anak tentu memiliki motif yang berbeda. Jadi anak-anak yang memiliki cita – cita jadi guru dapat mengenakan baju dengan motif batik yang mirip dengan seragam PGRI.

Baju Jendral

Ribuan tentara memiliki komandan yang disebut dengan jendral. Jika berbicara mengenai jendral, biasanya kita akan langsung menyebut nama Jendral Soedirman. Sosok Jendral Soedirman tentu masih teringat jelas di benak masyarakat Indonesia lengkap dengan ciri khas pakaiannya yang berbentuk seperti mantel panjang. Kostum khas Jendral Soedirman biasanya banyak dijadikan pilihan untuk dipakai di hari Pahlawan. Jenis baju ini biasanya dipakai oleh para bapak karena mampu membuat penampilan mereka terlihat berwibawa. Pakaian tersebut dipadukan dengan celana panjang, baju surjan, dan ikatan jarik di bagian depan.

Baju TNI

Tentara Nasional Indonesia merupakan pasukan yang bertugas untuk menjaga perdamaian dan keamanan di Indonesia. Oleh sebab itu, tentara juga termasuk salah satu pahlawan bangsa di masa kini. Dengan corak yang khas, banyak tempat persewaan pakaian menyediakan pakaian tentara yang dapat dipakai untuk anak – anak.

Selama ini, jika kita melihat gambar baju png TNI, baju profesi TNI selalu memiliki ciri khas berupa motif loreng – loreng pada setelan baju tersebut. TNI adalah profesi yang disukai oleh anak-anak selain polisi. Anak-anak biasanya akan menyebutkan bahwa cita – cita mereka saat besar nanti adalah tentara. Padahal TNI sendiri sebenarnya terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan daerah atau tempat mereka bertugas. Namun jenis kostum yang paling populer di kalangan anak-anak adalah kostum TNI berwarna hijau loreng berupa setelan baju lengan pendek dan celana panjang loreng lengkap dengan topi baret.

Baju Polisi

Profesi selanjutnya yang banyak diminati oleh anak-anak adalah polisi. Anak-anak yang ingin menegakkan keadilan dan menyukai kebenaran biasanya memiliki cita – cita untuk menjadi polisi saat besar nanti. Selain itu saat ini ada juga beberapa sekolah taman kanak – kanak yang memiliki seragam seperti kostum polisi, termasuk baju polwan untuk murid anak – anak perempuan. Tentunya penampilan anak – anak dengan memakai kostum polisi kecil tersebut membuat mereka terlihat lucu dan menggemaskan.

Pakaian polisi yang banyak dijual di pasaran berupa setelan baju berwarna abu-abu lengan pendek dan celana panjang coklat disertai dengan topi. Hal yang sama juga berlaku untuk kostum polwan. Anak-anak perempuan juga memakai setelan pakaian dengan warna sama dan memakai topi dengan  desain yang mirip seperti topi polwan.

Jenis Baju Profesi Sebenarnya

  1. Baju Polisi

Seragam polisi yang paling banyak dikenali oleh masyarakat adalah seragam sabhara yang lengkap dengan baret. Sebenarnya sabhara merupakan kependekan dari Samaptha Bhayangkara yang memiliki fungsi untuk pelayanan masyarakat. Anggota polisi yang mengemban tugas dalam fungsi ini sering disebut sebagai polisi berseragam. Beberapa layanan yang diberikaan antara lain adalah pengaturan lalu lintas, pengamanan kegiatan masyarakat, dan pembuatan laporan polisi.

Jika Anda melihat pasukan dengan seragam coklat yang memakai baret biru, itu adalah seragam harian Brigade Mobil atau Brimob. Brimob merupakan kesatuan yang memiliki sebutan Korps Baret Biru di Kepolisian NKRI. Ini adalah pasukan khusus di jajaran institusi polri. Tugas Brimob di antaranya adalah menanggulangi situasi darurat, menangani kejahatan yang menggunakan bahan peledak atau senjata api, dan membantu tugas kepolisian wilayah. Selain itu Brimob juga melaksanakan operasi yang memerlukan tindakan cepat, pertempuran jarak dekat, dan pertolongan bencana alam.

  1. Baju PNS

PNS merupakan aparat pemerintahan yang memiliki ketentuan khusus dalam hal berpakaian. Selama ini seragam PNS identik dengan pakaian dinas harian berwarna khaki. Padahal sebenarnya PNS memiliki beberapa jenis seragam yang dipakai untuk acara dan kegiatan yang berbeda – beda. Jenis pakaian tersebut di antaranya adalah pakaian dinas harian, pakaian dinas lapangan, pakaian sipil harian, pakaian sipil resmi, pakaian sipil lengkap, pakaian dinas upacara, dan masih banyak lagi. Setiap instansi pemerintahan juga memiliki ketentuan seragam khusus sesuai dengan daerah masing – masing misalnya memakai baju adat di hari – hari tertentu.

  1. Baju TNI

TNI atau Tentara Nasional Indonesia sebenarnya terdiri dari 3 angkatan yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, dan TNI Angkatan Laut. Ketiga angkatan tersebut memiliki 3 jenis seragam yang berbeda. Seragam tersebut meliputi pakaian dinas harian, pakaian dinas upacara, dan pakaian dinas lapangan. Yang menjadi unsur pembeda seragam dari setiap angkatan tersebut adalah warnanya. Untuk seragam PDH TNI angkatan darat berwarna hijau polos, TNI AU berwarna biru telor asin, dan TNI AL berwarna biru donker.

Tambahan !

Konveksikita.id Juga menerima jasa pembuatan kaos polos , kaos band , kaos nime , kaos lucu , kaos musik , kaos distro , kaos 3D , kaos partai , kaos seragam , kemeja kerja , seragam bengkel , seragam partai , polo shirt , jacket , swetaer , topi anak , topi lapangan , cetak emblem , dan aneka macam pakian lainya .

Kami menggunakan tenaga kerja yang ahli dibidangnya dan sudah terbukti kompeten untuk produksi masal baju dan kaos tersebut . Kami juga menggunakan peralatan dan material bahan pakaian yang good quality  dan sanggup memproduksi pakaian dengan volume yang besar .

Segera konsultasikan pakaian yang ingin Anda buat melaui kontak berikut : 0822 9888 9848 , atau bisa juga ke email : konveksikita.id@gmail.com . Atau Anda bisa juga datang langsung ke workshop kami di alamat :  Jl. Swadaya VI, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, 16436 . Dengan senang hati kami akan melayani Anda . Terima kasih .