Baju Kondangan – Pada saat pergi kondangan, para wanita tentu sangat memikirkan tentang bagaimana penampilan mereka.  Walaupun ini bukan acara mereka, tetapi wanita manapun pasti ingin terlihat menarik dan cantik dalam acara tersebut. Jadi tidak hanya pengantin saja yang harus cantik tetapi tamu undangan dan kerabat pun tidak boleh kalah cantik dan anggun demi menghormati pengantin yang telah mengundang Anda untuk menghadiri acaranya yang bergarga.

Tidak sedikit wanita yang dibuat bingung ketika memilih pakaian yang sesuai untuk kondangan entah dari segi model pakaian yang akan dipilih, warna pakaian, padupadan yang sesuai, dan masih banyak lagi hal lainnya yang membuat para wanita menjadi bimbang. Seiring dengan zaman yang semakin berkembang dan canggih, pilihan baju kondangan yang tersedia juga sudah semakin beragam.

Pernikahan sebagai suatu momen yang membahagiakan yang dirayakan dengan penuh kebahagiaan. Kebahagiaan itulah yang dicoba dipancarkan oleh para tamu undangan melalui pakaian yang mereka kenakan saat menghadiri acara tersebut. Oleh sebab itu tidak heran jika pakaian ini menjadi sorotan di kalangan para desainer di mana pun dan dianggap penting untuk dipikirkan sebelum seseorang datang ke acara pernikahan.

Pilihan Model Baju Kondangan

Untuk memenuhi kebutuhan Anda akan hal ini, pakaian untuk kondangan telah hadir dalam berbagai corak dan model mulai dari model kebaya, corak batik, hingga baju gamis muslimah syari. Anda cukup memilih model yang sesuai dengan tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa pilihan baju kondangan yang populer di kalangan wanita

Batik

Batik sebagai kain tradisional Indonesia telah banyak dibuat menjadi pakaian yang formal dan cocok digunakan untuk berbagai acara baik semi formal dan formal seperti acara pesta pernikahan. Baju batik kondangan untuk wanita dapat hadir dalam model setelah blus dan rok, tunik batik yang dipadukan dengan celana panjang kulot, atau bahkan dress batik.

Kebaya

Di kalangan para wanita, model pakaian yang satu ini juga menjadi piliha terpopuler untuk dikenakan pada saat pergi ke acara pesta pernikahan. Hal ini karena wanita Indonesia masih menyukai kesan anggun dan tradisional. Selain itu, model kebaya untuk kondangan saat ini juga sudah memiliki banyak variasi mulai dari kebaya casual dengan lengan pendek yang dipadukan dengan rok atau kain batik pendek hingga kebaya mewah dengan model panjang.

Gaun

Di era modern seperti sekarang ini, gaun menjadi pilihan yang populer di kalangan para wanita untuk menghadiri acara – acara yang bersifat formal termasuk acara pernikahan. Baju kondangan modern seperti gaun biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas seperti sutera atau satin sehingga memberikan kesan mewah. Jenis gaun yang populer untuk pesta pernikahan biasanya berupa gaun pendek selutut atau gaun panjang. Wanita biasanya mengenakan gaun yang tidak memiliki lengan. Sementara itu wanita berhijab biasanya mencari gaun model lengan panjang.

Dress

Ini merupakan pilihan baju kondangan anak muda yang populer. Dress memberikan kesan yang simpel sekaligus formal secara bersamaan. Dress membuat anak muda tidak terkesan terlalu dewasa tetapi tetap terlihat cantik. Jenis dress untuk acara pesta pernikahan saat ini cukup beragam mulai dari mini dress hingga dress full motif yang ramai. Dress ini biasanya dipadukan dengan sepatu hak tinggi dan aksesoris seperlunya dan Anda pun sudah siap untuk pergi ke pesta pernikahan. Pakaian seperti ini selain membuat wanita terlihat anggun dan feminine juga memberikan keleluasaan dalam bergerak.

Setelan Atasan dan Bahan

Jika Anda ingin memakai baju kondangan simple, model pakaian yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Pakaian ini dapat dipakai oleh wanita yang berhijab maupun tidak yaitu berupa setelan baju dan celana panjang atau baju atasan dengan bawahan berupa rok. Atasan dari bahan sifon atau satin yang dipadukan dengan bawahan berupa celana jeans hitam atau celana bahan menjadi pilihan yang banyak diminati oleh anak muda ketika ingin tampil cantik sekaligus sederhana saat acara pesta pernikahan.

Jenis Bahan Untuk Baju Kondangan

  1. Satin

Merupakan bahan yang sangat populer dipakai untuk pakaian pesta seperti ke acara kondangan. Kain ini memiliki sifat licin dan kilap seperti bahan katun sutera tetapi memiliki sisi yang lebih gelap. Bahan ini jelas sering digunakan untuk desain baju kondangan lantaran dapat memberikan kesan elegan dan berkelas. Bahan satin terbuat dari kapas berkualitas tinggi. Kilau yang dimiliki oleh bahan ini akan membuat penampilan Anda terkesan mewah.

Namun sebelum Anda membeli pakaian kondangan dari bahan ini, pastikan bahwa kain satin tersebut memiliki kualitas yang bagus. Contohnya adalah satin duchesse yang terbuat dari rayon dan sutera. Bahan ini terlihat minimalis tetapi sangat pas dengan tubuh. Sementara itu bahan satin velvet memiliki sifat kain yang lebih tebal, doff, dan tetap nyaman saat dipakai karena tidak akan membuat Anda merasa kepanasan.

  1. Brokat

Sesuai dengan namanya, brokat adalah kain sulaman. Bahan yang satu ini sudah sangat khas sebagai bahan untuk pakaian formal. Model – model pakaian brokat memberikan kesan tampilan yang classy, contohnya pada busana kebaya. Selain itu, brokat juga dapat dipadukan dengan mudah misalnya dengan kain sutera. Jadi tidak hanya baju kondangan saja, pakaian ini juga dapat dijadikan sebagai busana untuk pengantin. Pakaian dari bahan brokat biasanya dihiasi dengan payet – payet yang cantik untuk memberikan kesan yang lebih anggun.

Bagi para penggemar busana, bahan brokat telah populer digunakan sebagai bahan untuk lapisan utama. Hal ini karena tekstur brokat yang keras sehingga bahan ini perlu dilapisi kain lain supaya terasa lebih nyaman saat dipakai.

3 . Sifon

Sifon sangat khas dengan teksturnya yang lembut, mampu menyesuaikan dengan bentuk tubuh pemakainya, dan memiliki sifat tembus pandang. Namun kain ini memiliki efek yang terasa panas saat dipakai walaupun dapat memancarkan keanggunan. Sifon termasuk kain mewah yang banyak digunakan untuk baju kondangan hijab.

Tips Tampil Cantik Saat Kondangan

Jika Anda ingin tampil berbeda saat pergi kondangan, cobalah untuk memadukan beberapa jenis kain yang akan dipakai. Sebagai contoh, gunakan baju motif batik yang dipakai bersama dengan baju dari bahan sifon, brokat, emboss, atau kain polos. Brokat sendiri sudah hadir dalam berbagai macam variasi warna dan desain.

Bahan brokat akan terlihat manis ketika dipadukan dengan satin, sifon, atau kebaya.Sebaiknya untuk pemilihan bahan tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan atau kemampuan Anda. Perpaduan apapun yang Anda pilih, yang terpenting pastikan penampilan Anda terlihat elegan sehingga Anda dapat menjadi pusat perhatian.

Tambahan !

Konveksikita.id Juga menerima jasa pembuatan kaos polos , kaos band , kaos nime , kaos lucu , kaos musik , kaos distro , kaos 3D , kaos partai , kaos seragam , kemeja kerja , seragam bengkel , seragam partai , polo shirt , jacket , swetaer , topi anak , topi lapangan , cetak emblem , dan aneka macam pakian lainya .

Kami menggunakan tenaga kerja yang ahli dibidangnya dan sudah terbukti kompeten untuk produksi masal baju dan kaos tersebut . Kami juga menggunakan peralatan dan material bahan pakaian yang good quality  dan sanggup memproduksi pakaian dengan volume yang besar .

Segera konsultasikan pakaian yang ingin Anda buat melaui kontak berikut : 0822 9888 9848 ( Ihsan ) , atau bisa juga ke email : konveksikita.id@gmail.com . Atau Anda bisa juga datang langsung ke workshop kami di alamat :  Jl. Swadaya VI, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, 16436 . Dengan senang hati kami akan melayani Anda . Terima kasih .