Macam-macam baju tentara – Tentara Nasional Indonesia setiap bulan oktober selalu memperingati hari jadinya. Sebagai pelindung NKRI, tentara Indonesia telah menorehkan berbagai prestasi gemilang tidak hanya di tanah air tetapi juga diakui oleh dunia, termasuk di antaranya adalah saat menjadi juara umum lomba tembak dalam ajang Australian Army of Skill at Meeting pada tahun 2017 kemarin.

Baju Tentara Indonesia

Selain prestasi, Anda sendiri mungkin juga penasaran dengan jenis – jenis baju tentara di tanah air. Selama ini banyak yang beranggapan bahwa pakaian tentara hanya setelan pakaian loreng berwarna hijau. Model baju ini pula yang banyak ditawarkan oleh toko yang jual baju tentara online. Padahal segaram tentara Indonesia ada berbagai macam dan setiap bidang memiliki seragam masing – masing. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman tentang seragam tentara Indonesia, berikut ini kita akan mengulas secara rinci jenis – jenis pakaian yang digunakan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

TNI Angkatan Darat

Tidak dipungkiri bahwa seragam merupakan salah satu bagian terpenting dari setiap jenis pekerjaan, termasuk tentara. Sejak perang dunia pertama bahkan kedua, sudah ada desainer seragam yang menyerahkan hasil karya mereka pada departemen kemiliteran. Beberapa desain tersebut ada yang diterima dan diterapkan pada pakaian tentara dengan berbagai macam pertimbangan seperti desainnya yang modis, keren, gagah, dan juga modern.

Seragam yang dipakai oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau TNI AD umumnya memakai seragam motif loreng seperti tentara yang banyak dipakai di masyarakat. Pakaian ini biasanya dilengkapi dengan baret sesuai dengan warna yang telah ditentukan. Baret tersebut umumnya terdiri dari paduan warna hitam, hijau, dan coklat tua. Dengan seragam tersebut, anggota TNI pun semakin terlihat gagah.

Di bagian bahu seragam tersebut, biasanya juga disematkan tanda bintang yang merupakan lambang jabatan TNI mereka. Selain lambang bintang, perangkat lainnya yang juga disematkan di bagian dada. Sebagai padanan seragam, tentara wajib memakai sepatu khusus warna hitam untuk menambah kesan gagah sosok pahlawan yang bertugas menjaga kedaulatan Indonesia.

Dalam kondisi tertentu, pakaian TNI yang dikenakan juga dilengkapi dengan tambahan senjata laras panjang. Senjata tersebut dipasang di pinggang tiap – tiap anggota TNI. Di masa lampau yakni pada saat Indonesia masih di bawah penjajahan, belum ada TNI Angkatan Darat. Pasukan tersebut lebih dikenal dengan sebutan KNIL atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda. Tetapi KNIL hanya sampai pada 20 Juli 1950 saja. Setelah KNIL dibubarkan, muncul pasukan TNI atau Tentara Nasional Indonesia.

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa seragam TNI identik dengan istilah loreng TNI. Padahal semua seragam tentara di dunia ini sebenarnya mempunyai nama, motif, dan warna yang hampir sama. Yang menjadi pertanyaan, mengapa dipilih motif dan warna yang seperti itu? Alasannya perpaduan warna dari seragam tersebut adalah yang paling sesuai untuk digunakan di wilayah hutan – hutan di dunia. Selain itu banyak yang beranggapan bahwa seragam tersebut terlihat keren sehingga siapapun yang mengenakannya akan terlihat gagah.

Selain itu, hutan – hutan di wilayah Indonesia biasanya berwarna hijau gelap karena merupakan hutan hujan. Oleh sebab itu di hutan pedalaman seperti Sumatera dan Papua, warna hijauini sangat bagus untuk menyamar dengan kamuflase dengan alam supaya tidak mudah terlihat oleh musuh. Walaupun demikian, tentara Indonesia juga memakai DPM 2 warna saat bertugas di Libanon. Saat tugas ke Libanon, pasukan tentara Indonesia memakai seragam dengan warna adaptasi gurun, coklat tua, dan berwarna kuning coklat.

TNI Angkatan Udara

Para tentara yang menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Udara dikenal dengan sebutan taruna udara atau juga sering disebut dengan karbol. Pada saat menjabat sebagai karbol angkatan udara, semua seragam dan pakaian karbol disiapkan oleh dinas mulai dari pakaian harian, pakaian upacara, pakaian olahraga, topi, kaos kaki, sepatu, dan bahkan pakaian dalam. Jika angkatan darat identik dengan seragam loreng hijau, TNI Angkatan Udara memakai seragam loreng berwarna biru.

Seragam karbol secara umum dibagi ke dalam enam kategori yaitu pakaian dinas upacara, pakaian dinas harian, PDP, pakaian dinas lapangan, PDD untuk drumband, dan pakaian olahraga. Dari kategori – kategori tersebut masih dikelompokkan lagi jadi beberapa seragam sesuai kegiatan yang dilakukan. Pakaian dinas upacara biasanya dipakai saat upacara hari besar TNI, pemakaman, ziarah, pelantikan, dan HUT TNI. PDU II, dipakai saat acara jamuan resmi negara atau kegiatan resmi yang melibatkan negara lain. PDU IV dipakai saat upacara HUT satuan atau acara serah terima jabatan. Selanjutnya pakaian dinas harian berwarna biru muda dan celana panjang biru tua biasanya dipakai untuk dinas sehari – hari.

Pakaian dinas TNI yang dipakai oleh TNI AD, AU, maupun AL adalah setelan berwarna biru muda dan celana panjang biru tua. PDL SWA Bhuana Pakca dipakai pada saata cara khusus . PDHL biasa dipakai saat menjadi komandan dalam upacara peringatan. Sementara itu pakaian olahraga dipakai saat hari Selasa dan Jumat.

TNI Angkatan Laut

TNI Angkatan Laut dibedakan menjadi beberapa macam yaitu PDH Upacara, PDH Penerbang SAR, PDH Penerbang, PDH Layar, PDH Pomal, PDH Olahrgaga, dan juga Pakaian Dinas Hamil. Wanita TNI AL memiliki seragam khusus. Baju tentara wanita tersebut ada yang dibuat dengan model standar maupun untuk wanita berhijab.

Baju Tentara Perempuan

Baju yang dipakai oleh tentara perempuan pada umumnya hampir sama seperti yang dipakai oleh tentara pria. Warna baju tersebut disesuaikan dengan unit kerja masing – masing. Seragam dinas harian dapat dibuat dengan setelan atasan dan bawahan rok atau setelan celana panjang. Untuk wanita yang berhijab, desain seragam dapat disesuaikan dengan ketentuan masing – masing unit.

Baju tentara yang terlihat begitu keren memang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Pada saat hari pahlawan, anak-anak laki – laki biasanya senang memakai baju tentara anak dengan loreng hijau yang khas. Baju tentara anak laki tersedia untuk ukuran anak TK sampai usia SD. Saat ini mendapatkan pakaian tentara memang bukan hal yang sulit. Bahkan Anda sudah dapat memperoleh pakaian tersebut di toko online. Harga baju tentara dewasa di toko online cukup mahal karena kualitas bahannya yang bagus. Baju tersebut satu stel dibanderol dengan harga mulai dari Rp 300 ribuan. Selain baju TNI, ada pula yang menyediakan model baju tentara amerika.

Sudah sepantasnya kita bangga dengan para TNI Republik Indonesia ini , karena berkat banyak jasanya Negeri Indonesia tercinta ini bisa damai , nyaman , tenang dan aman dari segala serangan musuh , kita juga wajib apresiasi dari pengorbanan semua anggota TNI baik itu angkatan laut  , angkatan udara maupun angkata darat . Semoga artikel yang kami paparkan diatas bisa menambah lagi jiwa kebangsaan kita sehingga lebih mencintai NKRI , sekian dan terima kasih .

TAMBAHAN !

Konveksikita.id menerima jasa pembuatan semua jenis produk fashion , silahkan segera hubungi customer service kami untuk mendapatkan harga terbaik dari kami di line kontak : 0822 9888 9848 , atau bisa juga ke email : konveksikita.id@gmail.com . Atau Anda bisa juga datang langsung ke workshop kami di alamat : Jl. Swadaya VI, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, 16436 . dengan senang hati kami akan melayani semua keinginan Anda .