Cara memilih baju balap – Aksi senggolan atau tergelincir tidak jarang membuat para pebalap motor khususnya MotoGP kerang tergelincir. MotoGP sebagai salah satu ajang balap motor paling bergengsi membuat para ahli telah mempertimbangkan faktor keselamatan joki motornya dengan sangat hati-hati dan memberikan pengamanan ekstra. Salah satu hal yang diwajibkan untuk para pebalap motor adalah mewajibkan mereka untuk memakai racing suit atau baju balap motor sebagai salah satu perlengkapan keselamatan yang mutlak.

Tentu saja perlengkapan ini telah didesain dengan spek yang mumpuni untuk mencegah terjadinya cedera pada si joki. Mungkin banyak yang bertanya – tanya seperti apa teknologi yang disematkan dalam seperangkat racing suit tersebut? Pasalnya jika dipikir – pikir, para pebalap seharusnya tidak akan mampu lagi melanjutkan balapan ketika ia terjatuh dari motor dengan kecepatan tinggi. Tetapi faktanya mereka biasanya langsung bangkit berdiri dan berlari menghampiri motornya untuk melanjutkan pertandingan.

Hal yang Harus Dipenuhi Baju Balap

Racing suit atau wearpack dibuat tidak hanya untuk sekedar memberikan perlindungan bagi para pebalap tetapi juga harus memenuhi beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  • Nyaman
  • Aerodinamis
  • Memberikan sirkulasi udara yang cukup demi kenyamanan pebalap
  • Fleksibel
  • Memiliki ketahanan yang kuat
  • Anti Air
  • Aman

Bahan Baju Balap

Pada dasarnya semua model baju balap yang dikenakan oleh para pebalap telah dibuat secara khusus dari bahan yang berkualitas tinggi dan didukung dengan teknologi terkini serta tingkat perlindungan yang terbaik di kelasnya. Racing suit sebenarnya merupakan pakaian yang cukup berat karena beratnya sendiri sudah sekitar 4,5 kg. Pakaian tersebut bukan terbuat dari bahan kain melainkan dari kulit kanguru atau kulit sapi dengan pengukuran yang berbeda untuk setiap pebalap di pra musim. Pakaian tersebut memiliki ketebalan antara 1,2 mm dan 1,4 mm.

Pada bagian punuk yang biasanya terlihat menonjol, bagian ini terbuat dari bahan serat Kevlar. Bagian tersebut sangat berguna untuk menyangga helm saat jatuh. Selain itu, bagian tersebut juga berperan sebagai mikroprosesor yang mengatur proses sirkulasi pendingin racing suit sehingga para pebalap tetap merasa nyaman mengenakan pakaian tersebut.

Menariknya, bagian punuk tersebut juga memang berfungsi seperti punuk onta yang menjadi tempat untuk menyimpan cadangan air minum. Jadi di bagian punuk tersebut disimpan minuman re-dehidrasi yang dihubungkan dengan selang kecil atau sedotan dengan helm. Jadi pebalap dapat dengan mudah minum kapanpun selama balapan berlangsung.

Setiap panel dari racing suit ini telah disambungkan dengan jahitan khusus dengan menggunakan benang Kevlar yang dikenal sangat kuat. Semua panel tersebut dijahit ganda. Dalam beberapa bagian yang cukup rawan mengalami benturan biasanya akan mendapatkan jahitan dengan jumlah yang lebih banyak untuk memastikan pakaian tidak robek atau koyak.

Panel dari bahan karbon Kevlar dilakukan untuk memberikan perlindungan terhadap beberapa titik vital tubuh para pebalap di antaranya adalah bagian tulang belakang, dada, lutut, siku, lengan, dan tulang kering. Semua bagian yang vital dari pakaian balap ini juga sudah dilapisi dengan thermo plastic khusus yang tebal dan keras di bagian tengah tetapi lembut di bagian luar.

Fungsi dari bagian ini adalah untuk meredam benturan misalnya saat pebalap terjatuh. Selain itu, itu pakaian balap motoGP juga sudah dilengkapi dengan airbag. Airbag ini berfungsi untuk melindungi tubuh bagian atas. Jika pengendara terjatuh dan sensor yang ada di punuk berfungsi dengan baik, maka airbag tersebut akan mengembang sekitar 4 – 5 cm. Setelah sensor aktif, airbag biasanya akan menyala dalam waktu 0,3 detik sehingga sangat responsive.

Hal terakhir adalah yang berkaitan dengan aliran atau sirkulasi udara. Jika Anda melihat baju balap ini secara lebih dekat, racing suit yang dikenakan oleh para pebalap MotoGP akan terlihat berlubang di bagian belakang dan depan. Hal ini akan membuat pebalap merasa tetap nyaman saat berada di lintasan dan tidak akan merasa kepanasan.

Sistem Pendingin

Racing suit atau baju balap motor telah dilengkapi dengan sistem pendingin atau cooling system seperti AC yang akan bekerja pada saat balapan di tempat yang panas atau tempat dengan suhu yang tinggi. Pakaian ini juga sudah dilengkapi ultra light battery dan juga sebuah pompa kecil. Pompa ini berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara pada wearpack selama balapan.

Airbag System

Airbag system sudah mulai dipakai oleh para pebalap dalam ajang MotoGP sejak tahun 2007. Sistem keamanan ini masih terus dikembangkan ke dalam model baju balap hingga saat ini. Semua racing suit para pebalap motogp telah dilengkapi dengan airbag system, Fungsi airbag system ini adalah untuk meminimalisir cidera pada pebalap motoGP ketika terjadi crash atau jatuh.

Yang menarik, airbag system dari setiap racing suit motoGP telah dilengkapi dengan sensor sesuai dengan tipikal tiap – tiap rider. Sensor pada racing suit sebelumnya sudah merekam gerak tubuh dari para rider. Ketika rider lepas dari motor, maka airbag secara otomatis akan mengembang dalm waktu yang tepat. Airbag ini berfungsi untuk melindungi bagian tubuh tulang selangka, dada, tulang punggung, dan juga bahu,

Produsen Baju Balap Terkenal

Semua racing suit atau wearpack yang digunakan oleh pebalap MotoGP terbuat dari bahan yang berkualitas dan mengusung teknologi terkini. Saat ini sudah ada banyak produsen racing suit yang namanya telah dikenal luas karena mensponsori beberapa pebalap motoGP terkenal.

Produsen tersebut adalah Dainase atau Alpinestars. Produsen ini menggunakan kulit kanguru untuk bahan dasar baju balap buatan mereka. Penggunaan kulit kanguru lebih diprioritaskan dibandingkan kulit sapi karena sifatnya yang lebih lentur dan mempunyai daya tahan yang baik. Selain itu, bahan ini juga lebih ringan daripada kulut api

Kenyamanan

Selain terkait dengan faktor keselamatan, aspek kenyamanan juga menjadi salah satu fokus utama dalam pembuatan racing suit. Pakaian tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan sensor yang berguna untuk mengatur suhu di dalam racing suit.

Ketika suhu terlalu tinggi, pompa pendingin yang ada di dalam wearpack secara otomatis akan menyalurkan udara. Dengan desain sedemikian rupa tersebut, pakaian ini diklaim mampu memberikan kenyamanan bagi para pebalap meskipun mereka bertanding di lintasan yang sangat panas.

Itulah beberapa informasi mengenai baju balap atau racing suit untuk motoGP. Pada dasarnya sistem keamanan dari baju balap ini lebih rumit dari baju balap mobil. Tetapi baik baju balap untuk pebalap mobil maupun motor sama- sama terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan memiliki sifat tahan api. Untuk harga baju balap, baju balap untuk motoGP dibanderol sekitar Rp 30 jutaan.

Tambahan !

Konveksikita.id Juga menerima jasa pembuatan kaos polos , kaos band , kaos nime , kaos lucu , kaos musik , kaos distro , kaos 3D , kaos partai , kaos seragam , kemeja kerja , seragam bengkel , seragam partai , polo shirt , jacket , swetaer , topi anak , topi lapangan , cetak emblem , dan aneka macam pakian lainya .

Kami menggunakan tenaga kerja yang ahli dibidangnya dan sudah terbukti kompeten untuk produksi masal baju dan kaos tersebut . Kami juga menggunakan peralatan dan material bahan pakaian yang good quality  dan sanggup memproduksi pakaian dengan volume yang besar .

Keunggulan memilih Konveksikita.id :

  • Harga sangat ekonomis , murah dan berkualitas
  • Hanya menggunakan material bahan yang good quality
  • Alamat jelas , tidak ada unsur tipu menipu
  • Peralatan koveksi berkualitas , terkini dan canggih
  • Waktu pengerjaan yang on time / tepat waktu
  • Mampu produksi pesanan dalam jumlah yang besar
  • Layanan Customer service full 24 jam
  • Free konsultasi sepuasnya

Segera konsultasikan pakaian yang ingin Anda buat melaui kontak berikut : 0822 9888 9848 , atau bisa juga ke email : konveksikita.id@gmail.com . tau Anda bisa juga datang langsung ke workshop kami di alamat :  Jl. Swadaya VI, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, 16436 . Dengan senang hati kami akan melayani Anda . Terima kasih .