Model baju india – India memiliki beragam tradisi dan budaya yang seolah –olah tidak pernah habis untuk dikupas satu per satu. Berbicara soal pakaian, para wanita di India masih tetap mempertahankan tradisi mereka yaitu mengenakan pakaian sari. Mereka tidak hanya sekedar memaai pakaian tradisional saat acara adat namun juga dalam aktivitas mereka sehari – hari. Para wanita India terlihat sangat cantik dengan pakaian tersebut.

Dengan rambut yang ditata rapi dan dihiasi bunga melati, kecantikan para wanita India dapat semakin terpancar. Orang – orang kebanyakan sudah mengetahui bahwa pakaian tradisional di Indonesia disebut dengan sari. Namun faktanya pakaian India terdiri dari berbagai macam jenis. Bahkan setiap daerah di negara tersebut memiliki jenis yang berbeda – beda. Selain untuk perempuan, India, juga mempunyai pakaian tradisional yang dapat dipakai untuk pria. Untuk menambah wawasan Anda, berikut ini adalah beberapa model baju India wanita dan pria yang perlu diketahui.

Sari

Ini adalah pakaian khas India yang paling banyak dikenal luas oleh masyarakat dari berbagai negara lain. Sari itu sendiri merupakan jenis pakaian tradisional India yang paling terkenal di dunia dan terdiri dari lembaran kain. Kain tersebut dipakai dengan cara dililitkan di tubuh pemakainya. Sari biasanya terdiri dari lima sampai enam lembar kain. Pakaian tersebut mempunyai corak dan warna yang cerah serta memiliki sulaman yang diletakkan di sebelah bahu kiri. Kain sari terlihat sangat indah sehingga menimbulkan daya tarik bagi orang yang memakainya. Sari tidak hanya dipakai oleh para wanita saja tetapi juga menjadi baju India anak perempuan.

Kurta Pyjama

Ini adalah salah satu jenis baju India pria. Pakaian ini berupa setelan atasan dan bawahan di mana bentuk atasan seperti jubah dengan panjang sampai lutut dan bawahan yang berupa celana panjang. Biasanya Kurta Pyjama dipakai di India dalam aktivitas sehari – hari, upacara adat, dan pada saat acara perayaan.

Dhoti

Ini juga merupakan baju khas India yang dipakai oleh laki – laki. Pakaian ini biasanya dipakai oleh masyarakat di desa. Pakaian ini berupa atasan dan bawahan yang terlihat seperti sarung yang diikat pada bagian tengahnya sampai berbentuk seperti celana. Anda dapat melihat orang yang mengenakan pakaian ini di berbagai wilayah di India. Pada pesta pernikahan, biasanya Dhoti dipadukan dengan Sherwani yakni semacam jubah atasan dengan corak dan motif yang terlihat lebih mewah.

Sherwani

Ini merupakan semacam pakaian berupa jubah panjang yang khusus dikenakan oleh laki – laki. Pakaian yang satu ini mempunyai hiasan berupa bordir benang emas di dada. Biasanya pakaian ini hanya dipakai untuk acara – acara resmi seperti pesta pernikahan atau upacara adat. Jika dibandingkan dengan baju model lainnya, pakaian yang satu ini memang terlihat lebih mewah.

Pheeran

Pakaian khas India yang satu ini berasal dari Khasmir yaitu berupa baju jubah yang panjang dan tebal. Ini adalah pakaian hangat yang biasa dikenakan selama musim dingin di wilayah Khasmir. Pheeran dapat dipakai oleh wanita maupun pria. Untuk pakaian pria biasanya hanya berupa model polos sedangkan pakaian wanita memiliki motif dan hadir dalam beberapa warna.

Lungi

Pakaian tradisional India Lungi biasanya dipakai oleh para pria di wilayah India Selatan. Lungi terbuat dari kain katun atau sutra. Pakaian ini biasanya dipakai saat musim panas. Selain itu, pakaian ini juga biasa dipakai oleh pria saat menarikan tari Bhangra. Pakaian ini memiliki model dan motif yang polos sehingga terlihat sederhana

Sharara

Sharara adalah pakaian bawahan berupa bordir longgar yang mempunyai lipatan. Biasanya bawahan ini dipakai bersama dengan baju Kameez. Sharara juga termasuk salah satu pakaian tradisional dari sebuah wilayah di India lebih tepatnya di Lucknow. Banya online shop yang jual baju India online yang menyediakan model pakaian yang satu ini.

Ghagra Choli

Ghagra Choli atau yang juga dikenal dengaan Lehenga Choli umumnya dikenakan oleh orang – orang Gujarat dan Rajasthan. Pakaian yang satu ini hadir dalam berbagai macam model dan bentuk,salah saunya adalah ghagra dengan bordir yang biasa dipakai saat upacara pernikahan.

Punjabi

Ini adalah jenis pakaian tradisional yang tidak kalah populer di India. Pakaian Punjabi telah dikenal dengan baju yang banyak dipakai oleh para wanita di wilayah India bagian utara. Pakaian yang satu ini sedikit berbeda jika dibandingkn dengan sari. Pakaian ini terdiri dari blus panjang yang dikombinasikan dengan kain panjang dan dipakai di tangan. Yang membedakan antara pakaian Punjabi dengan sari adalah pakaian ini terdiri dari baju blus yang panjang dan pada pemakaiannya biasa disertai dengan kain panjang yang dipakai di tangan. Online shop yang jual baju India modern biasanya memiliki Punjabi dengan berbagai macam motif. Pakaian ini memiliki banyak peminat karena lebih praktis dan mudah dipakai daripada sari.

Curritar Suit

Ini adalah salah satu pakaian modern khas India yang banyak diminati oleh para wanita. Pasalnya pakaian ini akan membuat wanita terlihat lebih ramping, Memang pakaian yang satu ini lebih diutamakan bagi para ibu – iabu karena baju ini memiliki desain yang unik. Curritar itu sendiri merupakan legging yang memiliki kerutan pada bagian bawah. Celana legging tersebut dibuat panjang sampai mata kaki dan di bagian ujung terjadapat kerutan. Atasannya biasanya berupa suit panjang sampai bawah lutut. Biasanya pakaian ini dikombinasikan dengan dupatta yang telah dikenal sebagai pakaian khas India. Baju ini memberikan kelelusaan bagi para ibu yang ingin pergi ke luar rumah karena pakaian ini berupa baju dan celana. Dengan bentuknya yang dibuat pas mengikuti bentuk tubuh, ibu – ibu yang memakainya tentu akan terlihat lebih ramping

Setelah melihat ulasan di atas, sekarang kita dapat menyadari bahwa pakaian tradisional di India ada bermacam – macam dan pakaian tersebut masih sering dikenakan oleh masyarakat di sana. Bagi orang – orang dari luar India, sari memang menjadi model pakaian yang paling populer. Bahkan mereka yang menyukai film atau drama India biasanya ingin memiliki koleksi baju India modern agar dapat bergaya ala wanita India.

Harga baju India secara umum memang lebih mahal. Bahkan untuk satu potong pakaian saja dapat dibanderol hingga ratusan ribu. Hal ini karena pakaian tersebut menggunakan bahan kain yang berkualitas tinggi, terutama untuk aneka koleksi baju sari atau baju wanita India untuk acara pesta yang memiliki banyak ornament mewah.  Jika Anda ingin mencari baju India murah, grosir baju India murah biasanya menawarkan model pakaian harian dari bahan katun dengan desain yang sederhana.

Demikianlan penjelasan yang singkat ini , semoga bisa memberi inspirasi baru untuk kita semua , khususnya bagi mereka yang sangat menyukai Film-film India di Tanah air ini , sekian dan terima kasih .