Saat ini, seragam tidak hanya diopakai oleh PNS, tentara atau para pelajar saja. Pakaian tersebut saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk berbagai kalangan, instansi, organisasi, dan masih banyak lagi. Seragam tersebut tidak terbatas hanya sebagai pakaian kerja biasa tetapi juga telah menjadi komponen yang penting dengan nilai, fungsi, dan juga makna tersendiri bagi anggota dalam komunitas tersebut. Dengan mempertimbangkan pentingnya seragam bagi anggota komunitas, saat ini sudah ada banyak perusahaan konveksi seragam kerja yang menyediakan jasa pembuatan berbagai seragam mulai dari baju komunitas yang tidak resmi hingga seragam kerja,

Kira – kira, mengapa saat ini banyak organisasi dan komunitas yang ingin memiliki pakaian tersendiri untuk anggota komunitasnya? Baju untuk komunitas biasanya berupa pakaian yang akan dipakai oleh anggota komunitas di waktu – waktu tertentu. Tentu mereka memiliki alasan khusus mengapa mereka menerapkan aturan untuk memakai pakaian komunitas bagi anggotanya.

Pentingnya Pakaiak Komunitas

Adanya pakaian ini akan membuat anggota dari suatu perkumpulan menjadi berbeda dengan yang lain. Pasalnya pakaian ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tanda pengenal atau identitas sebuah komunitas. Saat ini sudah ada banyak sekali komunitas di dunia yang percaya bahwa komunitas mereka akan semakin dikenal berkat kekuatan pakaian komunitas yang mereka miliki.

Pakaian tersebut tidak hanya sekedar mampu membangun kesna pertama  atau citra positif bagi komunitas yang bersangkutan tetapi juga dapat menjadi media promosi untuk menambah anggota komunitas tersebut dan meningkatkan semangat serta produktivitas kerja untuk para karyawannya. Bagi anggota komunitas itu sendiri, mengenakan pakaian yang khusus dimiliki oleh komunitas tersebut akan memberikan suatu kebanggaan tersendiri. Apalagi jika komunitas yang diikuti merupakan komunitas yang sudah terkenal.

Memakai pakaian komunitas dapat memberikan efek efisiensi untuk para para komunitas seperti pelajar atau pekera karena mereka tidak perlu repot – repot lagi membeli pakaian yang berlebihan. Pakaian ini juga dapat menjadi salah satu media untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persatuan di antara anggota komunitas sehingga muncul persamaan dan kesetaraan yang dapat menghapuskan kesan kesenjangan ekonomi dan sosial dari komunitas tersebut.

Jenis Pakaian Komunitas

Saat ini pakaian komunitas telah hadir dalam berbagai macam jenis yang berbeda. Setiap jenis pakaian tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda – beda sesuai dengan komunitasnya. Berikut ini adalah beberapa jenis pakaian komunitas yang wajib Anda ketahui.

Baju Komunitas Motor

Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa di Indonesia ada banyak sekali komunitas pecinta motor mulai dari komunitas moge (motor gedhe) hingga komunitas motor tua yang langka. Tentunya komunitas tersebut terbentuk karena adanya persamaan dari anggotanya yakni sama – sama memiliki atau menyukai jenis motor tertentu. Jika dikelompokkan, sudah ada ratusan komunitas motor berbeda di Indonesia. Perbedaan tersebut meliputi merek motor, jenis motor, dan masih banyak lagi.

Gambar baju komunitas untuk komunitas motor saat ini juga telah hadir dalam berbagai macam model. Ada yang berupa jaket, kemeja, kaos berkerah, dan juga kaos biasa. Pakaian tersebut biasanya dihiasi dengan logo atau lambang dari komunitas tersebut sehingga dapat menjadi tanda pengenal bagi suatu anggota komunitas. Baju tersebut biasanya akan dipakai ketika ada pertemuan rutin anggota komunitas motor tersebut untuk menunjukkan kebersamaan. Baju yang populer untuk komunitas seperti ini biasanya menggunakan warna netral seperti hitam dan putih. Namun banyak juga komunitas lain yang memilih warna berbeda sesuai dengan karakter komunitas tersebut.

Baju Komunitas Kelas

Baju untuk komunitas tidak hanya terbatas pada komunitas non formal atau perkumpulan seperti komunitas pecinta motor, komunitas pecinta burung, komunitas pecinta anggrek, atau yang lainnya tetapi juga untuk komunitas dari suatu organisasi yang bersifat formal misalnya komunitas kelas. Saat ini mulai dari anak-anak SD hingga SMA sudah mulai membuat pakaian komunitas khusus untuk kelas mereka.

Jenis pakaian yang dibuat biasanya berupa kaos dengan sablon tulisan anggota komunitas di kelas tersebut dan nama sekolah. Tujuan dari pembuatan pakaian komunitas ini adalah untuk  mempererat kebersamaan antar anggota di kelas tersebut sehingga terlihat semakin solid. Pakaian tersebut juga dapat menjadi identitas bagi kelas tertentu misalnya anak kelas XI IPA atau anak kelas X IPS dan lain sebagainya. Baju tersebut biasanya hadir dalam berbagai warna yang dipilih sesuai dengan karakter kelas yang membuatnya.

Baju Komunitas Formal

Pakaian yang satu ini juga biasa disebut sebagai seragam. Jadi pakaian ini bersifat wajib untuk digunakan di waktu – waktu tertentu. Pakaian ini biasanya berlaku untuk komunitas – komunitas organisasi atau perusahaan saat mereka mengadakan acara. Baju komunitas ini dapat berupa pakaian formal tetapi ada juga yang berupa kaos berkerah atau bahkan kaos oblong biasa.

Baju Komunitas Polos

Ini adalah salah satu model pakaian komunitas yang cukup populer digunakan oleh para  anggota komunitas. Selama ini pakaian untuk komunitas sangat identik dengan bordir, sablon, dan berbagai tulisan lainnya sehingga pakaian tersebut terkesan penuh dan ramai. Beberapa anggota komunitas tertentu, merasa lebih nyaman ketika mereka memakai  pakaian komunitas yang polos. Sesuai dengan namanya, pakaian ini hadir tanpa motif sama sekali. Jikalau pakaian tersebut diberi hiasan, biasanya ornament atau tulisan yang disematkan sangat sedikit.

Desain Baju Komunitas Simple

Pilihan desain untuk pakaian komunitas yang sederhana ada dua macam yaitu berupa kaos. Pakaian ini banyak diminati karena lebih fleksibel untuk dipakai dalam berbagai suasana. Kaos tersebut dapat dipakai untuk acara santai. Jika akan dipakai untuk acara formal, anggota komunitas tinggal menambahkan outer seperti blazer atau jaket sehingga penampilan sudah terlihat resmi. Berikut ini adalah beberapa pilihan desain pakaian komunitas sederhana yang dapat Anda pertimbangkan.

  1. Kaos Komunitas Lengan Pendek

Ini merupakan contoh baju kaos komunitas yang paling banyak dijumpai di pasaran dan menjadi jenis yang paling populer. Hampir semua komunitas pasti memiliki kaos lengan pendek. Hal ini karena pakaian tersebut memiliki sifat yang umum atau universal. Kaos ini lebih nyaman dipakai untuk beraktivitas dalam berbagai kegiatan komunitas.

  1. Baju Komunitas Lengan Panjang

Sebenarnya model desain kaos lengan panjang yang satu ini hanya memiliki perbedaan di bagian ukuran lengan jika dibandingkan dengan kaos komunitas lengan pendek. Contoh desain kaos komunitas lengan panjang tersebut biasanya dipakai oleh komunitas yang memiliki  anggota perempuan. Dari segi desain, pakaian ini dapat menjadi varian laindari kaos lengan pendek dengan desain yang sama.

Tambahan !

Konveksikita.id Juga menerima jasa pembuatan kaos polos , kaos band , kaos nime , kaos lucu , kaos musik , kaos distro , kaos 3D , kaos partai , kaos seragam , kemeja kerja , seragam bengkel , seragam partai , polo shirt , jacket , swetaer , topi anak , topi lapangan , cetak emblem , dan aneka macam pakian lainya .

Kami menggunakan tenaga kerja yang ahli dibidangnya dan sudah terbukti kompeten untuk produksi masal baju dan kaos tersebut . Kami juga menggunakan peralatan dan material bahan pakaian yang good quality  dan sanggup memproduksi pakaian dengan volume yang besar .

Segera konsultasikan pakaian yang ingin Anda buat melaui kontak berikut : 0822 9888 9848 , atau bisa juga ke email : konveksikita.id@gmail.com . Atau Anda bisa juga datang langsung ke workshop kami di alamat :  Jl. Swadaya VI, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, 16436 . Dengan senang hati kami akan melayani Anda . Terima kasih .