Para pria menjelang hari raya Lebaran biasanya tidak terlalu repot dalam memilih pakaian yang akan dipakai dibandingkan baju wanita. Para pria biasanya mencari baju koko untuk dipakai saat Lebaran. Lalu seperti apa baju koko 2018 yang sedang menjadi trend dan bagaimana cara memadukannya? Saat ini tren baju koko untuk pria telah mengalami pergeseran dari motif dengan nuansa timur tengah mengarah ke kain tekstil khas Indonesia. Banyak desainer dan brand baju muslim kenamaan tanah air yang telah menghadirkan aneka pilihan baju koko untuk pria sehingga para pria kini tidak akan kesulitan lagi untuk memilih baju koko yang diinginkan.

Jenis – Jenis Bahan Untuk Baju Koko Pria

Ada beberapa jenis bahan yang umum digunakan untuk pembuatan baju koko. Setiap jenis bahan tersebut memiliki karakteristik tersendiri dan menawarkan tingkat kenyamanan yang berbeda bagi orang yang memakainya, Berikut ini adalah beberapa jenis kain yang sering digunakan untuk pembuatan baju koko.

Tetoron

Bahan yang satu ini terbuat dari serat buatan seperti plastik. Bahan ini terasa panas saat dipakai dan sulit untuk menyerap keringat. Karena kualitasnya yang rendah, harga baju koko dari bahan tetoron biasanya murah yaitu hanya beberapa puluh ribu rupiah saja. Namun baju koko murah ini tentu kurang nyaman saat dipakai.

Rayon

Rayon merupakan bahan yang terbuat dari serat alam. Hal ini membuat bahan tersebut terasa dingin dan sejuk saat digunakan. Sayangnya, kelemahan bahan ini adalah sifatnya yang mudah kusut jika tidak disetrika. Untuk ahrganya, baju koko dari bahan rayon dibanderol dengan harga di atas baju koko dari bahan polyester.

Katun

Katun merupakan jenis bahan yang paling banyak digunakan untuk pembuatan baju koko. Bahan katun telah dikenal memiliki sifat yang mudah menyerap keringat dan nyaman dipakai sehingga banyak orang cocok memakai baju koko dari bahan yang satu ini. Sekedar info, bahan katun yang digunakan untuk baju koko ternyata terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

  • Katun Biasa

Jenis bahan yang satu ini menawarkan daya serap keringat yang cukup baik. Dari segi harga, jenis kain ini cenderung lebih murah dibandingkan bahan katun jenis yang lain.

  • Katun Paris

Bahan ini memiliki sifat dan karakter yang mirip dengan kain katun biasa. Bahan ini agak tipis dan memiliki daya serap keringat yang cukup bagus. Untuk harganya hampir sama dengan baju katun biasa.

  • Katun Minyak

Tidak berbeda jauh dengan model katun lainnya, perbedaan bahan katun ini hanya memiliki permukaan yang terlihat lebih berminyak atau terkesan mengkilap.  Walaupun mengkilap, kain ini memiliki kemampuan yang bagus untuk menyerap keringat. Baju koko dari bahan katun minyak ditawarkan dengan harga yang hampir sama dengan katun biasa. Kekurangan dari bahan ini adalah efek kilapnya kadang akan berkurang setelah dicuci beberapa kali.

  • Katun Kalista

Kain katun ini memiliki sifat yang mirip dengan bahan katun paris. Hanya saja, bahan katun ini memiliki sifat yang lebih tebal dan daya serap keringatnya juga lebih bagus. Karena memiliki kualitas yang bagus, harga pakaian muslim dari katun kalista lebih mahal dibandingkan baju koko dari katun paris

  • Katun Versus

Bahan ini memiliki ciri – ciri lebih tebal dibandingkan katun kalista, memiliki daya serap keringat yang bagus, dan sifat tenunan benang sedikit lebih longgar. Namun biasanya bahan ini jarang tersedia dalam pilihan warna yang cerah. Untuk harganya, kain ini harganya sama seperti katun kalista.

  • Katun 3D

Kain yang satu ini terbuat dari tenunan 2 benang  yang terdiri dari dua warna berbeda. Jadi pada kain katun tersebut ada efek riak seperti yang muncul pada efek 3D. Harga bahan katun ini sama seperti katun biasa.

  • Katun Jaguard

Sifat bahan yang satu ini hampir sama dengan bahan kain katun 3D. Hanya saja pada saat proses tenun, kain tersebut dibuat motif atau corak sehingga tidak hanya memunculkan efek riak tetapi juga memiliki corak pada kain tersebut. Katun jaguar memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan kain 3D

Jenis Baju Koko yang Populer Saat Ini

Ada banyak pilihan jenis baju koko yang saat ini tersedia di pasaran. Berikut ini adalah beberapa jenis baju yang dapat menjadi pilihan Anda untuk baju Lebaran nanti.

Baju Koko Anak

Sesuai dengan namanya, baju koko yang satu ini dirancang untuk anak-anak. Baju koko tersebut hadir dengan pilihan warna yang lebih beragam. Saat ini juga sudah ada model baju koko model turki untuk anak-anak. Baju koko turki tersebut memiliki atasan yang panjangnya sampai lutut dan dipadukan dengan celana berwarna senada. Apapun model baju koko yang Anda pilih untuk anak-anak, pastikan bahwa baju tersebut terbuat dari bahan yang nyaman karena anak-anak lebih aktif bergerak sehingga lebih banyak berkeringat.

Baju Koko Black Panther

Model baju koko yang digunakan dalam film Black Panther nampaknya cukup menginspirasi banyak pria untuk memilih baju koko dengan model yang satu ini. Baju koko tersebut sebenarnya hampir sama dengan baju koko biasa yaitu setelan baju atasan dan celana panjang. Baju tersebut hadir dengan warna hitam dan memiliki hiasan ornament di bagian dada. Untuk model lengannya, baju ini hadir dengan model lengan panjang.

Baju Koko Lengan Pendek

Bagi para remaja pria atau laki – laki yang ingin tampil lebih casual dan santai dengan pakaian muslim, baju koko dengan model lengan pendek dapat menjadi pilihan yang tepat. Model baju koko seperti ini juga lebih banyak dijumpai di outlet – outlet pakain dari brand kenamaan. Namun satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih model baju koko ini adalah memastikan baju tersebut tidak tembus pandang atau tidak terbuat dari bahan yang terlalu tipis.

Baju Koko Putih

Baju koko warna putih banyak diminati untuk baju Lebaran sebagai baju yang dipakai saat sholat Idul Fitri. Sesuai dengan namanya, baju putih ini hadir dengan warna putih. Ada baju putih yang berwarna putih bersih, putih mutiara, vanilla. Baju koko ini ada yang hadir dengan polos tanpa motif dan ada pula yang memiliki motif sebagai hiasan agar tidak terlihat membosankan.

Baju Koko Branded

Saat ini ada banyak brand baju muslim yang menghadirkan baju koko, salah satunya adalah Rabbani. Baju koko Rabbani banyak diminati oleh para pria yang ingin tampil trendy dalam balutan busana muslim. Baju koko dari brand ini hadir dengan pilihan yang cukup bervariasi untuk memenuhi selera para konsumen

Tambahan !

Konveksikita.id Juga menerima jasa pembuatan kaos polos , kaos band , kaos nime , kaos lucu , kaos musik , kaos distro , kaos 3D , kaos partai , kaos seragam , kemeja kerja , seragam bengkel , seragam partai , polo shirt , jacket , swetaer , topi anak , topi lapangan , cetak emblem , dan aneka macam pakian lainya .

Kami menggunakan tenaga kerja yang ahli dibidangnya dan sudah terbukti kompeten untuk produksi masal baju dan kaos tersebut . Kami juga menggunakan peralatan dan material bahan pakaian yang good quality  dan sanggup memproduksi pakaian dengan volume yang besar .

Segera konsultasikan pakaian yang ingin Anda buat melaui kontak berikut : 0822 9888 9848 , atau bisa juga ke email : konveksikita.id@gmail.com . Atau Anda bisa juga datang langsung ke workshop kami di alamat :  Jl. Swadaya VI, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, 16436 . Dengan senang hati kami akan melayani Anda . Terima kasih .