Aneka model baju jawa terbaru – Trend fashion tidak selalu mengenai busana modern, futuristic, dan busana – busana kekinian lainnya. Baju tradisional juga ternyata memberikan inspirasi bagi para desainer pakaian untuk menciptakan busana yang memiliki ciri – ciri India dan masih tetap diminati saat ini walaupun sudah bermunculan berbagai macam desain baju modern. Apalagi Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya juga memiliki banyak sekali pakaian tradisional. Pakaian tersebut masih tetap dilestarikan sampai saat ini, termasuk pakaian adat Jawa baik baju Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta. Berikut ini adalah beberapa jenis baju adat Jawa yang sampai saat ini masih menjadi tren.

Kebaya

Nama baju Jawa yang satu ini tentu sudah banyak diketahui karena sudah menjadi pakaian nasional di Indonesia. Kebaya itu sendiri merupakan salah satu pakaian adat Jawa yang sering dipakai dalam berbagai acara baik upacara adat atau acara – acara resmi. Dari dulu sampai saat ini, kebaya sudah memiliki ciri khas dan kesan yang menarik bagi orang yang mengenakannya. Seiring dengan perkembangan zaman, kebaya juga hadir dengan model yang semakin beragam dan menarik menyesuaikan perkembangan trend busana populer.

Oleh sebab itu, busana tradisional yang satu ini masih popyler sampai sekarang dan terus dikembangkan agar tidak kalah dengan busana modern lainnya. Bahkan tidak sedikit artis di Indonesia yang sering terlihat tampil dengan mengenakan pakaian adat yang satu ini. Setiap wilayah di Jawa memiliki ciri khas kebaya masing – masing misalnya kebaya khas Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Beskap

Baju beskap adalah pakaian yang sering dipakai dalam berbagai acara resmi di Jawa. Ini adalah semacam kemeja pria resmi dari tradisi Jawa Matraman. Pakaian ini hanya dipakai saat acara penting atau yang bersifat resmi misalnya acara pernikahan. Sampai saat ini masih banyak penggemar pakaian adat Jawa ini baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Pakaian ini mampu memancarkan kewibawaan pria yang memakainya. Pasalnya pakaian ini sendiri memang dibuat dengan model seperti bangsawan Jawa tempo dulu. Pakaian beskap juga hadir dengan ukuran anak-anak. Baju Jawa anak beskap biasanya hadir dengan pilihan yang lebih berwarna – warni dan ada yang memiliki motif. Pakaian tersebut biasanya dipakai anak laki-laki untuk acara peringatan hari Kartini atau saat mengikuti upacara pernikahan.

Surjan

Ini adalah pakaian adat Jawa dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda pernah berkunjung ke Jogja tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan busana yang satu ini. Pasalnya baju surjan jogja biasa dipakai oleh para pegawai dan orang – orang yang tinggal di Keraton Yogyakarta. Ini merupakan salah satu busana resmi yang biasa dipakai dalam adat Jawa. Walaupun terlihat sederhana, namun busana ini memiliki banyak nilai filosofis yang mendalam.

Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, saat ini model baju surjan sudah semakin beragam. Bahkan sudah ada surjan modern yang dapat Anda jumpai di toko – toko pakaian Jawa dan dapat digunakan untuk pakaian sehari – hari. Sampai saat ini Surjan bahkan telah dikenal di luar negeri sebagai salah satu trend fashion dari Indonesia. Selain di Yogyakarta, ternyata ada pula baju surjan solo dengan model yang hampir sama.

Jawi Jangkep

Jenis busana adat Jawa yang masih populer sampai saat ini adalah pakaian kejawen atau yang sering disebut dengan jawi jangkep. Anda dapat melihat pakaian ini secara langsung dalam berbagai acara pernikahan karena pakaian ini biasa dikenakan untuk acara resepsi pernikahan yang mengenakan pakaian adat Jawa. Menariknya, pakaian Jawi Jangkep ini ternyata juga memiliki nilai filosofis.

Pakaian tersebut dipercaya mampu menambah kadar kejantanan dan juga kecantikan orang yang memakainya. Pakaian ini memang hanya dikenakan oleh pengantin. Biasanya untuk laki – laki juga ditambahkan keris di bagian belakang sebagai aksesoris. Sementara itu perempuan mengenakan konde di bagian kepala.

Basahan

Basahan merupakan busana adat khas Jawa untuk wanita Jawa. Biasanya pakaian ini dipakai saat upacara pernikahan yang mengusung tema adat Keraton. Pakaian adat Jawa ini ternyata memiliki penggemar yang masih banyak. Terbukti, banyak aktris Indonesia keturunan Jawa yang mengenakan baju adat Jawa ini saat menggelar pesta pernikahan mereka

Kanigaran

Pakaian adat Jawa ini ditujukan untuk pasangan pria dan wanita yang menikah. Ini adalah pakaian adat Jawa model bangsawan. Kanigaran banyak dipakai dalam acara pernikahan di daerah Yogyakarta. Seiring dengan semakin berkembangnya trend fashion yang terus mengalami perubahan dan inovasi, Anda dapat menemukan aneka model busana kanigaran dengan pilihan motif yang lebih beragam ditambah dengan corak modern klasik. Karena memiliki motif yang menarik, tidak heran jika pakaian adat yang satu ini masih tetap lestari.

Kepangeranan

Kepangeranan merupakan pasangan pakaian adat Jawa yang digunakan sebagai pendamping pernikahan pasangan Jawa. Busana adat Jawa ini biasa dipakai oleh pengantin laki – laki. Biasanya busana ini sering Anda jumpai dipakai pengantin pria di Daerah Istimewa Yogyakarta, terutama mereka yang berasal dari kalangan keluarga Keraton. Pakaian ini mengusung motif Jawa yang khas dan klasik tetapi tetap terkesan mewah. Pengantin pria yang mengenakan busana ini akan terlihat lebih bersahaja. Sesuai dengan namanya, jika Anda mengenakan pakaian adat ini, Anda akan terlihat seperti pangeran Jawa yang berwibawa dan gagah.

Batik

Busana batik merupakan salah satu pakaian tradisional Jawa yang telah menjadi pakaian nasional di Indonesia. Busana ini telah menjadi salah satu ikon khas Indonesia. Hadir dengan motif khas dari setiap daerah di Jawa, tidak sedikit masyarakat luar negeri yang jatuh hati dengan keindahan busana adat Jawa yang satu ini. Oleh sebab itu batik masih jadi trend bagi masyarakat Indonesia untuk mengenakannya dalam berbagai acara.

Baju batik baik untuk wanita maupun pria telah hadir dengan beragam model dan motif sehingga dapat dikenakan untuk berbagai acara. Pakaian tersebut ada yang dibuat kemeja, setelan, dress, gamis, blus, dan masih banyak lagi.

Lurik

Selain batik, kain tradisional yang banyak diminati dari Jawa adalah lurik. Banyak yang jual baju lurik jawa di Jakarta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ibukota yang ingin mengenakan baju tradisional ini. Lurik dapat dipakai oleh pria maupun wanita. Biasanya baju lurik jawa wanita hadir dengan desain seperti kebaya kutubaru.

Mojang

Busana mojang merupakan salah satu pakaian adat Jawa yang biasa dikenakan oleh wanita di Jawa Barat. Keluwesan dan keindahan baju jawa wanita yang satu ini mampu memancarkan kecantikan wanita Sunda yang terkenal baik hati dan lugu. Pakaian Mojang dapat dijumpai di acara – acara resmi di Jawa barat. Bahkan dalam ajang kontes kecantikan, para wanita Jawa Barat biasanya akan mengenakan pakaian ini dengan perpaduan model terkini agar terlihat lebih modern